AS Bakal Geser Arab Saudi Jadi Eksportir Minyak Terbesar Dunia?

Kompas.com - 11/03/2019, 15:40 WIB
Ilustrasi minyak SHUTTERSTOCKIlustrasi minyak

NEW YORK, KOMPAS.com - Amerika Serikat dipandang bakal segera menggeser posisi Arab Saudi sebagai eksportir minyak terbesar di dunia. Posisi itu akan direbut Negeri Paman Sam pada tahun ini.

Dilansir dari CNN Business, Senin (11/3/2019), AS akan mengungguli Arab Saudi dalam hal ekspor minyak, gas alam cair, dan produk-produk berbasis minyak seperti bensin. Hal ini diungkapkan oleh perusahaan riset energi Rystad Energy.

Langkah AS tersebut didorong oleh melimpahnya produksi minyak serpih. Ini akan membuat AS menjadi eksportir utama minyak dan gas alam cair.

Baca juga: Konsumsi Biodiesel Meningkat, Harga Minyak Sawit Dunia Bakal Naik

Kondisi tersebut tidak pernah terjadi sejak Arab Saudi mulai menjual minyaknya ke luar negeri pada periode 1950-an.

"Sepuluh tahun lalu, tidak ada yang berpikir ini akan terjadi," kata Ryan Fitzmaurice, strategist energi di Rabobank.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pencapaian AS ini merefleksikan bagaimana teknologi telah mengubah lanskap energi global. Inovasi di bidang pengeboran telah membuka tabir baru sumber daya migas yang selama ini tersembunyi di ladang minyak serpih antara lain di Texas, North Dakota, dan sebagainya.

Baca juga: 2018, Ekspor Minyak Kelapa Sawit RI ke India Turun 12 Persen

Berkat minyak serpih, produksi minyak AS telah melonjak lebih dari dua kali lipat dalam satu dekade terakhir ke level tertinggi dalam sejarah. Kini AS mengebor lebih banyak minyak dibandingkan negara pengeskpor minyak utama dunia seperti Arab Saudi dan Rusia.

Saat ini, Arab Saudi mengekspor 7 juta barrel minyak mentah per hari. Selain itu, menurut data Rystad, Arab Saudi juga mengekspor 2 juta barrel gas alam cair dan produk lainnya yang berbahan dasar minyak.

Sementara itu, AS mengekspor sekira 3 juta barrel minyak mentah per hari. AS juga mengekspor sekira 5 juta barrel gas alam dan produk berbahan dasar minyak lainnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.