BBM Pamit, Ini Aplikasi Pesan Singkat Penggantinya

Kompas.com - 19/04/2019, 10:55 WIB
Pemberitahuan penghentian layanan BlackBerry MessengerBBM Pemberitahuan penghentian layanan BlackBerry Messenger

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengumumkan akan menamatkan riwayat Blackberry Messenger (BBM) pada 31 Mei 2019, Blackberry segera merilis fitur pesan singkat yang baru, yakni BBM Enterprise (BBMe).

" BlackBerry Limited hari ini mengumumkan akan memberikan layanan BBM Enterprise (BBMe), sebagai langkah atas keputusan Emtek untuk mengakhiri layanan BBM Consumer per tanggal 31 Mei 2019," kata Mark Wilson, Chief Marketing Officer BlackBerry dalam siaran pers, Jumat (19/4/2019).

Menurut Wilson, keputusan ini diambil agar pengguna BBM tetap memiliki platform pengiriman pesan setelah melalui banyak pertimbangan.

"Setelah melalui banyak pertimbangan, kami memutuskan bahwa pengguna setia BBM harus tetap memiliki platform pengiriman pesanan yang aman dan dapat dipercaya." ujar dia.

Baca juga: BlackBerry Messenger Setop Layanan 31 Mei 2019

Wilson memastikan, langkah ini juga tidak akan memengaruhi laporan keuangan ataupun strategi perusahaan.

"Langkah ini juga tidak akan mempengaruhi laporan keuangan ataupun strategi perangkat lunak perusahaan, melainkan diambil sebagai rasa hormat BlackBerry kepada para pengguna setia BBM dan bukan sebuah tanggung jawab yang bersifat kontrak," ucap dia.

Meskipun begitu, dia amat menyayangkan layanan BBM tidak berkembang dengan baik di Indonesia seperti yang diharapkan sehingga harus menggantinya dengan BBMe.

Baca juga: Blackberry Tuntut Nokia soal Hak Paten

Diketahui, BBMe adalah sebuah platform pengiriman pesan terenkrispsi end to end mutakhir untuk keperluan percakapan pribadi yang mulai hari ini telah bisa diunduh di PlayStore. BBMe juga akan tersedia secara gratis untuk satu tahun pertama.

BBM sendiri menjalin kerjasama dengan Emtek sejak Juni 2016 lalu dengan nilai perjanjian hingga 207,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,7 triliun.




Close Ads X