Milenial, Yuk Jadi Pembeli Cerdas Saat Belanja Online

Kompas.com - 22/04/2019, 18:40 WIB
Ilustrasi e-commerceusabilitygeek.com Ilustrasi e-commerce

JAKARTA, KOMPAS.com - Belanja online menjadi kian populer seiring bertumbuhnya sektor e-commerce. Bagi Anda yang sering belanja online, Anda juga harus menjadi pembeli cerdas saat berbelanja.

Sebagai seorang influencer, Arief Muhammad dan Cinta Laura juga kerap berbelanja online untuk keperluan bisnis maupun pribadinya. Mereka punya beberapa tips yang mungkin bisa Anda ikuti saat berbelanja online.

Berikut ini Kompas.com rangkum tips belanja online ala dua influencer ini:

1. Cek deskripsi toko

Sebelum berbelanja online, Anda harus berkali-kali mengecek toko seperti performa, rating toko, dan ulasannya. Untungnya, saat ini sudah ada e-commerce yang memperlihatkan deskripsi toko secara transparan. Bahkan, beberapa e-commerce pun menyediakan toko rekomendasi.

"Untuk jadi pembeli cerdas yang pertama harus kita lakukan adalah cek dulu profil toko yang mau kita beli," ucap Arief Muhammad kepada Kompas.com, Senin (22/4/2019).

2. Tidak tergiur harga yang lebih murah

Biasanya dalam beberapa toko online terdapat harga yang lebih murah dengan barang yang sama. Namun, Anda sebaiknya tidak begitu saja tergiur dengan harga yang murah.

Arief mengakui, dia pernah tergiur dengan harga yang murah. Padahal toko tersebut rupanya tidak menyediakan barang yang telah dia pesan.

"Dulu masih belum mengerti cara menjadi pembeli cerdas. Pernah juga tertipu karena tergiur harga yang lebih murah ternyata tokonya abal-abal. Untung saat itu saya beli di e-commerce, jadi uang saya bisa kembali sesimpel hanya menelpon customer service-nya," kata Arief.

3. Hati-Hati

Arief juga menyarankan untuk hati-hati sebelum melakukan pembelian. Biasanya, sektor e-commerce cenderung lebih aman dibanding di sosial media. Sekalipun membeli di sosial media, Anda juga harus melihat testimoni dari banyak orang di toko tersebut.

"Enaknya kalau e-commerce, mereka ada regulasi dan manajemen sehingga menjadi penengah saat ada yang tidak beres," kata Arief.

Cinta Laura juga mengatakan, hati-hati sangat penting bagi penyuka belanja Online. Selain itu, pembeli juga harus melihat sumber barang yang ingin dibeli.

"Sebelum membeli, biasakan kita melihat sumbernya darimana. Apakah itu penipuan atau bukan? Mungkin kebanyakan orang kena tipu karena beli di sosial media. Kalau e-commerce lebih aman karena ada regulasinya," ucap Cinta kepada Kompas.com, Senin (22/4/2019).

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X