Perbedaan Cara Belanja, Sebabkan Wanita Lebih Boros Ketimbang Pria

Kompas.com - 25/04/2019, 08:04 WIB
Ilustrasi belanja pakaian online seb_raIlustrasi belanja pakaian online

JAKARTA, KOMPAS.com - Wanita memang kerap disebut lebih boros ketimbang pria dalam hal berbelanja, khususnya berbelanja online. Menariknya, pemborosan ini disebabkan oleh perbedaan cara belanja antara pria dan wanita.

"Dari pangsa pasarnya sendiri, wanita milenial paling mendominasi di e-commerce. Kenapa? karena cara berbelanja perempuan berbeda dengan laki-laki," kata Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Berdasarkan data pengguna e-commerce shopper tahun 2018, sebanyak 65 persen didominasi oleh perempuan. Dari jumlah itu, 50 persen di antaranya berumur 25 sampai 34 tahun. Sementara, 31 persen lainnya berusia di bawah 24 tahun.

Wanita, papar Rezki, bisa membeli barang-barang yang sama dalam satu produk dengan warna berbeda di hari yang sama. Rezki mencontohkan, wanita cenderung membeli pensil alis dengan warna yang berbeda. Tak cukup rasanya bila hanya membeli satu warna.

"Selain itu, wanita masih impulsif terhadap diskon. Intinya wanita akan beli dahulu barangnya saat diskon, enggak peduli kapan dipakainya," paparnya.

Baca: Cara Berhemat dan Tak Kalap Saat Belanja di Supermarket

Sedangkan, pria lebih fokus pada barang yang ingin dibeli sejak awal. Pria juga cenderung mempersiapkan apa yang harus dibeli sebelum berbelanja. Hal inilah menyebabkan pria lebih hemat uang dan hemat waktu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Misalnya mau beli ponsel, sebelumnya saya sudah mempersiapkan yang saya mau beli hanya ponsel. Setelah menemukan toko ponsel dan saya bandingkan harga, kemudian saya beli. Lebih simpel," ujar Rezki.

Tak seperti wanita, pria juga tidak terlalu impulsif dengan diskon. Pria lebih memikirkan esensi sebelum membeli produk tertentu. Cara belanja inilah yang membuatnya lebih hemat dibanding wanita.

Diketahui, Shopee telah merambah beberapa pasar Asia Tenggara. Indonesia berkontribusi paling besar sekitar 40 persen di antara negara Asia lain. Dari 40 persen tersebut, 65 persen didominasi oleh wanita milenial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.