CEO Apple: Anak-Anak Harus Belajar Ilmu Ini agar Sukses

Kompas.com - 01/05/2019, 18:00 WIB
CEO Apple Tim Cook berdiri di depan foto raksasa almarhum Steve Jobs saat memberikan sambutan di acara peluncuran iPhone X di Steve Jobs Theater, Selasa (12/9/2017). Cnet/ YouTubeCEO Apple Tim Cook berdiri di depan foto raksasa almarhum Steve Jobs saat memberikan sambutan di acara peluncuran iPhone X di Steve Jobs Theater, Selasa (12/9/2017).

NEW YORK, KOMPAS.com - Menurut CEO Apple Tim Cook, ada keterampilan yang harus dipelajari oleh anak-anak di dunia, yaitu coding. Cook mengatakan, pengkodean adalah bahasa kedua yang paling penting setelah berbicara.

"Saya pikir setiap anak di dunia harus belajar kode. Nanti, hasrat Anda dalam pengkodean ke sains atau seni, itu adalah cara untuk mengekspresikan diri Anda," kata Cook dikutip dari CNBC, Rabu (1/5/2019).

Cook mengatakan, pengkodean bisa membawa seseorang menjadi sukses. Dia sendiri, mengambil alih Apple dari Steve Jobs pada 2011, dan sejak itu kapitalisasi pasar meningkat lebih dari dua kali lipat.

Baca juga: Warren Buffett: Kesalahan Membuatku Sukses

Belajar pengkodean ini bukan berarti semua anak-anak di dunia harus menjadi programmer. Setidaknya, anak-anak harus memiliki dasar matematika dan sejarah untuk menghadapi dunia kerja.

"Saya tidak mengatakan semua orang harus menjadi seorang programmer. Dasar-dasar matematika dan sejarah itu adalah keterampilan inti yang harus dimiliki anak-anak," terang Cook.

Selain Cook, Bill Gates juga menganjurkan para pekerja muda untuk belajar kode, dan berbagai kompetensi komputasi secara rutin. Keterampilan ini menjadi daftar teratas keterampilan paling bernilai dari situs karier seperti Payscale dan LinkedIn.

Baca juga: 10 Tips dan Trik agar Sukses di Pekerjaan Pertama Anda

Selain keterampilan pengkodean, keterampilan seperti kreativitas, manajemen waktu, dan kolaborasi juga sangat diminati di kalangan pengusaha.

"Bahkan, keinginan perusahaan terhadap keterampilan ini meningkat," ucap Paul Petrone, editor LinkedIn Learning.
"Para pengusaha menyadari pentingnya merangkul teknologi modern serta mengenali hal-hal yang tidak dapat dilakukan teknologi, seperti relasi dengan orang lain, terlibat dalam pemikiran out-of-the-box, dan cepat beradaptasi dengan prioritas atau masalah baru," lanjutnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X