Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian ESDM Klaim Sistem Kelistrikan Sudah Handal

Kompas.com - 14/05/2019, 20:00 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Munir Ahmad, pihaknya terus melalukan persiapan jelang dan selama lebaran nanti terkait pasokan dan distribusi listrik. Sejauh ini dipastikan kesiapan energi sudah sangat baik.

"Memastikan ketersediaan energi primer sangat penting. Kita menyediakan energi primer dengan cukup khususnya batu bara, gas, dan lain-lain," kata Munir dalam jumpa pers di Gedung BPH Migas, Jakarta, Selasa (14/5/2019). 

Munir mengatakan, pihak telah membuat rencana pola operasi dari unit-unit pembangkit berdasarkan perkiraan beban pada hari raya di tahun-tanuh sebelumnya. Ini dilakukan dengan menyiapkan cadangan putar lebih besar dari dibandingkan waktu-waktu reguler. Bahkan, untuk sementara menghentikan pemeiliharaan, baik pemeliharaan pembangikit, trasnsmisi dan distribusi.

"Kecuali pekerjaan-pekarjaan yang mendesak," jelasnya.

"Kita menetapkan SOP tentang pengamanan pasokan listrik, menyiapkan dan menyiagakan personel pengamanan listrik selama 24 jam dan menjaga pasokan listrik di lokasi-lokasi prioritas," tambahnya.

Dia menambahkan, selama Lebaran nanti manajemen Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan terus memantau dan mendirikan posko untuk menerima laporan jika ada masalah kelistrikan dari masyarakat. Posko ini disiapkan hampir seluruh wilayah di Indonesia.

"Upaya kita laukan saat ini adalah memastikan kesiapan dan keandalan sistem kelistrikan, meliputi aviability unit pembangkit, pengaturan jaringan transmisi, dan distribusi," paparnya.

Ia mengungkpan, berdasarkan pengamatan tahun sebelumnya pada masa lebaran penggunaan listrik akan turun jika dibandingkan hari-hari biasa.

Beban biasanya turun khususunya di kondisi puncak, baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa.

"Karena pada saat-saat lebaran seperti itu industri yang mengkonsumsi energi cukup besar juga tidak berproduksi. Lebaran 2018, beban puncak pada sistem kelistrikan secara nasional turun antar 3-47 persen," punkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com