KILAS

Antam Ikut Bebersih Ciliwung

Kompas.com - 26/06/2019, 18:23 WIB
PT Aneka Tambang Tbk (Antam) ikut mendukung pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Bebersih Ciliwung, Minggu (23/6/2019)Dok. Humas Inalum PT Aneka Tambang Tbk (Antam) ikut mendukung pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Bebersih Ciliwung, Minggu (23/6/2019)


KOMPAS.com - PT Aneka Tambang Tbk ( Antam) ikut mendukung pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia ( MURI) “Bebersih Ciliwung” pada 23 Juni 2019 lalu.

Pemecahan rekor tersebut diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan melibatkan 8.305 orang.

Ribuan orang membersihkan sampah serentak pada 36 titik lokasi di 33 Kecamatan sepanjang 39,6 kilometer (km) Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung dari hulu ke hilir.

Aksi bersih sungai dimulai dari Kecamatan Cisarua, Bogor hingga Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Baca juga: Kali Ciliwung Meluap, Banjir Rendam Permukiman di Pasar Minggu

Kegiatan itu diikuti oleh pegawai KLHK, pemerintah daerah, masyarakat di sepanjang DAS Ciliwung, Komunitas Peduli Ciliwung, lembaga pendidikan dan Pramuka, serta perusahaan.

Piagam MURI diberikan kepada Siti Nurbaya bersama dengan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan MR Karliansyah, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Bogor Ade Yasin, dan Mantan Menteri LHK Kabinet Pembangunan zaman Orde Baru Sarwono Kusuma Atmaja.

Dalam keterangan resminya, Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan gerakan komunitas Ciliwung sudah berorientasi ke depan dan mengadopsi adaptasi serta mitigasi perubahan iklim dan sistem tanggap darurat bencana alam.

“Sudah sejak lama masyarakat sudah banyak berinteraksi dengan sungai Ciliwung yang sangat intensif dan saya bergembira saat ini kita bersama-sama melaksanakan kegiatan ini,” kata Siti Nurbaya.

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) ikut mendukung pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Bebersih Ciliwung, Minggu (23/6/2019)Dok. Humas Kementan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) ikut mendukung pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Bebersih Ciliwung, Minggu (23/6/2019)

Menurut dia, kolaborasi antara pemerintah, pemerintah daerah, dunia usaha, aktivitas dan komunitas merupakan hal penting.

“Dan konsep ekoriparian adalah konsep yang paling tepat bersama masyarakat dalam menjaga Ciliwung,” ujar dia.

Direktur Operasi dan Produksi Antam, Hartono, mengatakan Antam mendukung kegiatan pelestarian lingkungan di Daerah Aliran Sungai Ciliwung sebagai implementasi dari kepedulian perusahaan dalam mendukung pelestarian lingkungan.

“Kami terus berkomitmen dan berperan aktif dalam mewujudkan inovasi di bidang lingkungan, khususnya di sekitar wilayah operasi Perusahaan,” kata Hartono dalam pernyataan tertulis, Rabu (26/6/2019).

Sebelumnya, Antam melalui UBP Emas dan UBPP Logam Mulia berpartisipasi juga pada inisiasi Ekoriparian Ciliwung Srengseng Sawah dan Ekoriparian Teluk Jambe Citarum pada 2017 dan awal 2019 lalu.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X