AS Kenakan Bea Masuk Untuk Produk Baja China dan Meksiko

Kompas.com - 10/07/2019, 08:04 WIB
Ilustrasi baja www.shutterstock.comIlustrasi baja

HONG KONG, KOMPAS.com - Amerika Serikat memberlakukan bea masuk baru untuk beberapa produk baja dari Meksiko dan China.

Seperti dikutip dari CNN, Rabu (10/7/2019), pihak Amerika Serikat menyatakan, selama ini eksportir di kedua negara tersebut menerima subsidi yang tidak adil.

Departemen Perdagangan Amerika Serikat mengatakan para eksportir baja pabrikasi China diuntungkan sekitar 30 persen hingga 177 persen, sementara mereka yang di Meksiko menerima subsidi bea masuk ke AS hingga 74 persen.

Baca: Inilah 4 Negara yang Paling Diuntungkan Perang Dagang China-AS

Adapun Departemen Bea dan perbatasan AS akan memintra para eksportir dari China dan Meksiku untuk membayarkan bea masuk ke negara adidaya tersebut dan mulai berlaku per 19 November mendatang.

Sebagai informasi pada 2018 lalu, Amerika Serikat telah mengimpor 897,5 juta dollar AS produk pabrikasi baja asal China, sementara dari Meksiko sebesar 622,4 juta dollar AS.

Adapun keputusan penerapan bea masuk tersebut sebagai salah satu respon dari petisi yang dibuat pada awal tahun ini oleh Institusi Konstruksi Baja Amerika.

Departemen Perdagangan juga melakukan investigasi mengenai produk baja impor dari Kanada, namun subsidi untuk eksportir Kanada tidak lebih dari 1 persen.

Adapun pada Maret tahun lalu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah memberlakukan tarif sebesar 25 persen untuk produk baja di dan 10 persen untuk alumunium dari beberapa negara.

Namun, dua bulan lalu Trump telah sepakat untuk menarik kembali pemberlakuan tarif untuk produk impor baja dan alumunium asal Kanada juga Meksiko. Selain itu, AS juga telah mencapai gencatan tarif dalam perang dagang dengan China meski baru bersifat sementara. Trump mengatakan dia akan menunda mengenakan tarif baru pada barang-barang Cina yang telah menjadi ancamannya jika kesepakatan tidak dapat dicapai.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X