Benarkah PT Pos Indonesia Mau Bangkrut? Ini Kata Manajemen

Kompas.com - 22/07/2019, 15:27 WIB
Ilustrasi: Kantor Pusat PT Pos Indonesia ShutterstockIlustrasi: Kantor Pusat PT Pos Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pos Indonesia dirundung isu akan bangkrut sejak Minggu (21/7/2019) malam. Di media sosial, banyak warganet yang menanyakan kebenaran isu tersebut.

Lantas apakah benar PT Pos Indonesia akan bangkrut? Dalam siaran persnya, PT Pos membantah hal tersebut.

"Benarkah Pos bangkrut atau pailit? Jawabannya tidak benar," ujar Sekretaris PT Pos Indonesia Benny Otoyo, Jakarta, Senin (22/7/2019).

PT Pos menilai, isu bangkrut yang bersembus merupakan pendiskreditan tanpa data dari perusahaan plat merah tersebut.

Benny menunjukan beberapa data yang terkait PT Pos sekaligus untuk menyanggah isu bangkrut.

Pertama kata dia PT Pos punya rating korporat A- dari lembaga pemeringkat terkemuka nasional Pefinfo dan rating Medium Term Notes (MTN) A-.

Selain tu PT Pos Indonesia juga mengatakan bahwa semua pembayaran utang berjalan lancar. Tidak ada pula penundaan hak-hak karyawan, bahkan kenaikan gaji kata Benny terus dilakukan.

Dari sisi aset, PT Pos Indonesia memastikan semua aset ada daam kendali perusahaan dan tidak ada yang diagunkan.

Sementara itu dari sisi pendapatan PT Pos Indonesia berasal dari APBN, penerimaan pajak, jasa kurir surat dinas yang mencapai sekitar Rp 800 miliar per tahun.

Soal operasi, PT Pos Indonesia bahkan masih melayani 6 hari per minggu, sementara itu pos luar negeri juatru hanya 4-5 hari per minggu.

Benny juga mengatakan tidak ada PHK karena restrukturisasi perusahaan. Iuran BPJS untuk dana pensiun karyawan juga dibayar lancar tidak ada tunggakan sama sekali.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X