Disrupsi Digital Sektor Pertambangan, Marketplace Ini Jual Batu Bara

Kompas.com - 13/08/2019, 11:45 WIB
Tongkang penarik batu bara di Sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (30/7/2018) KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDITongkang penarik batu bara di Sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (30/7/2018)

KOMPAS.com - Marketplace komoditas batubara pertama di Indonesia yang dinamai Vmining diluncurkan di Jakarta pada Senin (12/8/2019).

Perubahan teknologi mau tidak mau mengubah cara penjualan komoditas pertambangan dari konvensional menjadi digital.

Oleh karena itu, PT Bumi Banua Sinergi menggandeng PT Visitama Teknologi Indonesia yang tergabung dalam Member Visitama Group mengembangkan Vmining.

"Dengan adanya aplikasi Vmining, transaksi batubara dipermudah dengan berbagai keuntungan, salah satunya adalah memotong biaya survei batubara,” kata Direktur Utama PT Bumi Banua Sinergi, Arijanto, dalam siaran tertulis, Selasa (13/8/2019).

Baca juga: Cadangan Batu Bara Indonesia Tinggal 80 Tahun Lagi

Ia menjelaskan, produk yang ditawarkan Vmining telah melalui seleksi sehingga dapat dipastikan berkualitas unggul, sesuai dengan gross air received (GAR) atau nilai kalori yang dibutuhkan

Dengan aplikasi itu, lokasi batu bara dapat di cek secara online. Dengan demikian, alternatif pengiriman batubara dapat disesuaikan dengan budget dan dihitung secara online.

"Kini pasar jauh lebih luas, dengan jangkauan nasional, Vmining dapat menghubungkan penjual dengan pembeli yang kemudian akan mengincar pangsa Internasional,” ujarnya.

Baca juga: Emiten Kapal Raup Kontrak Pengangkitan Batubara Senilai 12 Juta Dollar AS

Tak cuma kemudahan transaksi, ia melanjutkan, marketplace tersebut juga menjamin keamanan pembayaran.

Demi menunjang kemudahan dan kenyamanan itu, Vmining bermitra dengan salah satu bank BUMN yakni BNI.

Arijanto mengklaim Vmining telah memiliki legalisasi dengan mengandeng partner dan pemasok dari Kalimantan dan Sumatera.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X