Indeks Modal Manusia Indonesia Kalah Jauh dari Singapura dan Vietnam

Kompas.com - 14/08/2019, 14:29 WIB
Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang P.S. Brodjonegoro saat wawancara di Kantor Bappenas, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2019).KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang P.S. Brodjonegoro saat wawancara di Kantor Bappenas, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan, Indeks Modal Manusia atau Human Capital Index (HCI) Indonesia masih tertinggal dari negara tetangga seperti Singapura dan Vietnam.

Berdasarkan data dari Bank Dunia, Indonesia menduduki posisi ke 87 dari total 157 negara yang mendapat peringkat.

“Data World Bank, Human Capital Index-nya Indonesia hanya 0,53,” ujar Bambang di kantornya, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Bambang menjelaskan, dengan perolehan tersebut, anak-anak Indonesia yang lahir saat ini pada saat 18 tahun kemudian hanya bisa meraih 53 persen dari total potensi produktivitas maksimalnya.

Baca juga: Menaker: Investasi SDM Kunci Peningkatan Kompetensi Pekerja

Angka ini jauh lebih rendah dari Singapura dan Vietnam.

“Jauh di bawah negara setara (kota) Depok seperti Singapura yang indeks Human Capital-nya 0,88 dan Vietnam 0,67,” kata Bambang.

Bambang menambahkan, jika hal tersebut tak diperbaiki, dikhawatirkan anak-anak Indonesia kesulitan bersaing di tengah lajunya persaingan global.

Atas dasar itu, lima tahun ke depan pemerintah akan memfokuskan untuk membuat sumber daya manusia Indonesia yang unggul.

“Kalau melihat kondisi saat ini, manusia Vietnam lebih produktif dari Indonesia. Kalau kita bicara persaingan, misalnya produksi industri manufaktur yang sama, kita kalah saing, karena produktivitas mereka (Vietnam) lebih tinggi,” ucap dia.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X