Dekati Level Rp 14.000 Per Dollar AS, Rupiah Menguat dalam 4 Hari Berturut-turut

Kompas.com - 09/09/2019, 11:20 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah pada perdagangan awal pekan ini menguat mendekati level Rp 14.000 per dollar AS. Hal ini merupakan penguatan dalam empat hari secara berturut-turut.

Rupiah di pasar spot seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (9/9/2019) pukul 10.58 WIB, berada di posisi 14.074. Angka ini naik 0,19 persen dibandingkan penutupan akhir pekan lalu pada 14.101.

Berbagai sentimen positif dari dalam dan luar negeri menjadi penopang penguatan rupiah hari ini.

Baca juga: Kembali Menguat, Ini Kurs Rupiah di 6 Bank Besar

Bank Indonesia pekan lalu merilis bahwa cadangan devisa Agustus 2019 naik 500 juta dollar AS menjadi 126,4 miliar dollar AS.

Sementara dari luar negeri, rencana pertemuan kembali antara Amerika Serikat dan China menimbulkan harapan bahwa perang dagang antara kedua negara itu akan mereda.

Sementara kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah berada di level Rp 14.092 per dollar AS. Posisi ini menguat lebih dari 1 persen dibandingkan akhir pekan lalu.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X