Rupiah dan IHSG Kompak Melemah Hari Ini, Berikut Penyebabnya

Kompas.com - 13/11/2019, 18:37 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham THINKSTOCKSIlustrasi pergerakan harga saham

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) kompak melemah pada penutupan perdagangan Rabu (13/11/2019).

Mengutip data RTI, IHSG ditutup melemah 38,4 poin atau 0,62 persen ke angka 6.142,5 dibandingkan penutupan sebelumnya di angka 6.180,99.

Sepanjang hari ini, IHSG terjebak dalam zona merah dengan pencapaian level tertinggi pada 6.183,82, sedangkan level terendah 6.132,25.

Sementara itu, rupiah ditutup melemah di pasar spot Rabu (13/11/2019). Dari data Bloomberg, rupiah ditutup melemah 24 poin atau 0,17 persen pada level Rp 14.078.

Rupiah dibuka pagi ini di level Rp 14.055 per dollar AS. Sepanjang pergerakan hari ini rupiah menyentuh level terendah Rp 14.086 per dollar AS dan menyentuh angka tertinggi pada level Rp 14.055.

Baca juga: Masih Minim Sentimen, Rupiah Dibuka Melemah Ke Level Rp 14.082 Per Dollar AS

Ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih menyebutkan IHSG sepanjang hari ini minim sentimen.

“Kalau IHSG ada penurunan, sentimennya regional ya,” kata Lana kepada Kompas.com.

Lana juga mengatakan bahwa cuitan Presiden AS Donald Trump terkait dengan tuduhan ke China yang berlaku curang, bahkan tidak berdampak pada pergerakan IHSG.

“Kalau perang dagang ada sih (sentimen kecil) di Twitter-nya Trump yang dia menuduh China curang dan dampaknya kesepakantan dagang bisa saja tidak di tandatangani atau mundur,” jelas Lana.

Adapun terkait rupiah, Lana menyebut rupiah terbawa sentimen regional, dimana beberapa mata uang Asia juga melemah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X