Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbawa Sentimen Regional, IHSG Ditutup Melemah Awal Pekan Ini

Kompas.com - 11/11/2019, 17:43 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA. KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) melemah pada penutupan perdagangan Senin (11/11/2019). Indeks bergerak di zona merah sejak sesi pertama perdagangan bursa saham.

Mengutip data RTI, IHSG ditutup turun 29 poin atau 0,47 persen ke angka 6.148,74. Pada perdagangan hari ini terdapat 155 saham naik dan 247 saham turun dan 155 saham stagnan. Adapun nilai transaksi mencapai Rp 5,69 triliun dengan volume perdagangan 6,51 miliar saham.

Ekonom Bank Permata, Josua Pardede menyebutkan, pelemahan IHSG dipengaruhi oleh sentiment eksternal terkait konflik yang memanas di Hongkong.

“Kalau dilihat dari sisi pasar regional hari ini sebagian besar terkoreksi ya. Dari sisi pasar regional hari ini sebagain besar terkoreksi ya. Ini dipengaruhi oleh senitmen ketegangan di Hongkng yang membuat kehawatiran di pasar regional, makanya sebagian pasar saham berpengaruh,” jelas Josua kepada Kompas.com,

Josua menyebutkan bahwa konflik Hongkong yang berujung pada korban jiwa secara tidak langsung membuat sentiment negative kepasar bursa Asia.

Mengutip Guardian, beredar sebuah video yang menunjukkan aksi polisi Hong Kong yang menembak seorang pengunjuk rasa dalam jarak dekat ketika demonstran anti-pemerintah merusak fasilitas.

“Padahal kalau kita lihat dari Jumat kemarin, cukup positif ya karena harapan terhadap kesepakatan dagang sudah mulai dipersiapkan. Jadi secara keseluruhan adanya aksi protes di Hongkong berujung pada korban jiwa menyebabkan global investor mencari seven ‘safe asset’, disisi lainnya harga emas menguat dengan adanya kejadian ini, karena kekhawatiran keamanan,” ungkap Josua.

Sepanjang hari ini penjualan saham oleh asing di seluruh pasar mencapai Rp 524 miliar dan penjualan saham di pasar reguler Rp 348 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com