Erick Thohir Ingin Peran Komisaris BUMN Dimaksimalkan

Kompas.com - 22/11/2019, 16:56 WIB
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (22/11/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAStaf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai selama ini peran komisaris di perusahaan plat merah belum maksimal.

Atas dasar itu, ke depannya Erick menginginkan peran komisaris bisa dioptimalisasi lagi untuk melakukan pengawasan di perusahaan BUMN.

“Peran komisaris belum terlalu maksimal. Jelas, tapi pengawasannya belum maksimal. Masih sering pengawasannya dari Kementerian (BUMN),” ujar Staf Khusus BUMN Arya Sinulingga di kantornya, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Arya menambahkan, komisaris merupakan ‘tangan kanan’ dari kementerian untuk melakukan pengawasan di perusahaan BUMN.

“Kami ingin ke depan Kementerian (BUMN) tinggal memangil saja komisarisnya. Biarkan komisaris yang mengawasi. Jadi, komisaris itu seperti ketua kelas,” kata Arya.

Baca juga : Bermimpi Ingin Menjadi Komisaris Bank? Simak Persyaratan Ini

Sebelumnya, Kementerian BUMN akan melakukan perombakan susunan direksi dan komisaris di beberapa perusahaan milik negara.

Perusahaan plat merah yang rencananya akan terjadi perombakan, yakni PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), MIND ID, Bank Mandiri dan Bank BTN.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X