Indonesia Bidik Peluang Usaha Ikan Hias

Kompas.com - 26/11/2019, 17:01 WIB
Berbagai jenis ikan hias ditawarkan kepada pengunjung di Akuarium Resto Pendekar Gurame, Bekasi. KOMPAS/PRIYOMBODOBerbagai jenis ikan hias ditawarkan kepada pengunjung di Akuarium Resto Pendekar Gurame, Bekasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejalan dengan program menjadikan akuakultur sebagai salah satu prioritas kebijakan lima tahun ke depan, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, berdialog dengan para para pelaku usaha di sektor perikanan.

Beberapa komoditas budidaya perikanan seperti Ikan hias, udang, kerapu, catfish (lele), bandeng, rumput laut, mutiara, pakan ikan, benih ikan, obat ikan serta pengolahan dan pemasaran produk juga hadir.

Direktur Nusatic Indonesia, Sugiarto, mengatakan Indonesia memiliki potensi ikan hias yang besar, namun masih kalah dengan Singapura.

Saat ini Singapura merupakan eksportir ikan hias terbesar di dunia. Padahal ikan hias tersebut berasal dari Indonesia.

Baca juga: Indonesia Ingin Jadi Eksportir Ikan Hias Nomor Satu di Dunia

"Singapura bisa jadi nomor 1 di dunia karena punya pameran ikan hias yang besar yaitu Aqurama, dulu 2017 kami pernah berkumpul dan berencana membuat branding asosiasi ikan hias kami megadakan pameran Nusatic tapi terkendala pada pembiayaan venue-nya," jelasnya.

Merespon berbagai masukan tersebut, Edhy manyatakan ia akan menampungnya. Terkait permintaan izin khusus dirinya telah mempelajari peraturan terkait dan akan merumuskan dengan bijak.

"Saya terima masukan, saya baca dulu nanti saya rumuskan kebijakan terbaik," tutupnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X