Dibuka Melemah, Rupiah Diproyeksikan Menguat karena Optimisme Global

Kompas.com - 27/11/2019, 09:32 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pembukaan spot pasar uang, rupiah terlihat melemah cukup tipis pada Rabu (27/11/2019). Mengutip data Bloomberg, rupiah melemah 1 poin pada level 14.089 per dollar AS atau melemah 0,01 persen dibanding penutupan Selasa Rp 14.088 per dollar AS.

Menurut ekonom Bank Permata Josua Pardede, rupiah diproyeksikan akan menguat. Hanya saja penguatannya cenderung statis. Ini dinilai akibat peningkatan optimisme investor global yang mendorong mata uang regional Asia.

"Ini terdorong peningkatan optimisme dari investor dan mendorong Rupiah. Selain itu ketidakpastian dari sisi trade negosiation," kata Josua kepada Kompas.com, Rabu (27/11/2019).

Baca juga: Harga Emas Antam Naik Rp 2.000, Ini Daftar Lengkapnya

Josua mengatakan waktu yang disepakati untuk negosiasi dagang AS dan China sudah dekat, yakni bulan Desember 2019. Hanya saja komunikasi belum finnal, sehingga berpengaruh pada sentimen global.

Beberapa mata uang Asia kompak melemah, seperti dollar Hongkong melemah 0,01 persen atau 7.829 per dollar AS. Begitu juga denga dollar Singapura yang melemah 0,06 persen pada level 1.464 per dollar AS. Selanjutnya Yen Jepang melemah 0,06 persen pada level 109 per dollar AS.

Namun, mata uang Asia seperti Yen China tampak menguat 0,01 persen pada level 7.021 per dollar AS.

Josua memproyeksikan rupiah sepanjang hari ini akan berada pada level Rp 14.060 per dollar AS hingga Rp 14.125 per dollar AS.

Baca juga: Mengenang Ciputra, Pengusaha Sukses yang Memulai Usaha dari Garasi

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X