Core: Pengangguran Harus Diberi Lapangan Kerja, Bukan Hanya Bantuan

Kompas.com - 09/12/2019, 18:06 WIB
Ekonom dari Core Hendri Saparini KOMPAS.COM/RINA AYU LARASATIEkonom dari Core Hendri Saparini

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom dari Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Hendri Saparini mengatakan, pengangguran di Indonesia perlu diberi lapangan pekerjaan, bukan hanya bantuan sosial.

Hal ini dinilai penting agar tingkat pengangguran di Indonesia bisa semakin ditekan dan penduduk miskin bisa segara keluar dari kemiskinan melalui perbaikan pendapatan dari lapanga kerja.

"Yang harus dilakukan Indonesia adalah (memberi lapangan pekerjan) secara bertahap tapi juga membuat lonjakan peningkatan pendapatan (bukan hanya lapangan kerja)," ucap Hendri Saparini saat berada di Wisma Antara Jakarta, Senin (09/12/2019)

Hendri melanjutkan, lapangan kerja yang disediakan pemerintah juga harus sesuai dengan kemampuan masyarakat. Misalnya warga dengan tingkat pendidikan yang rendah tetapi memiliki keahlian bertani, maka pemerintah harus lebih mendukung mereka bertani.

Baca juga: Kemenhub: Sore Ini Ada Pengumuman Direksi Garuda yang Dicopot

"Kalau hanya membuat tidak miskin, itu bisa diberi bantuan, tapi kalau pendapatannya meningkat, itu bisa dengan diberikan lapangan pekerjaan," ujarnya.

Selain itu Hendri juga menilai perlunya penyediaan pasar bagi masyarakat yang bekerja di sektor pertanian agar bisa memasarkan produksinya.

Hendri mengambil contoh Vietnam dan China yang berhasil mengentaskan kemiskinan yang dimulai dari sektor pertanian.

"Karena mereka betul-betul mengatur ekonomi mereka seperti di China. Mereka kan awali membangun sektor pertanian. Pertanian dibangun, market dijaga, dalam negeri harus untuk market mereka. Mereka didukung (pemerintah)," katanya.

Baca juga: Sah, Royke Tumilaar Jadi Direktur Utama Bank Mandiri

Selain itu, Hendri bilang dukungan dari pemerintah tersebut bisa meliputi subsidi pupuk, transportasi, listrik dan juga kebijakan lainnya. Tujuannya untuk meningkatkan produksi dalam negeri.  Setelah kebutuhan dalam negeri tercukupi, barulah mereka mulai melakukan ekspor.

Hendri memberi kesimpulan, untuk mengentaskan kemiskinan, harus mendukung warga miskin untuk meningkatan pendapatannya.

"Jadi menurut saya, kita mengentaskan kemiskinan itu tidak hanya mengeluarkan mereka dari garis kemiskinan, tetapi bagaimana mereka segera diberdayakan untuk bisa meningkatkan pendapatannya sendiri," ucapnya.

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Rudiantara Jadi Dirut PLN

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X