Tarif Listrik 900 VA Batal Naik, PLN Siap Tanggung Beban Lebih?

Kompas.com - 29/12/2019, 15:07 WIB
Ilustrasi listrik PLN dok PLNIlustrasi listrik PLN
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) terancam menanggung beban berlebih akibat pembatalan kenaikan listrik 900 VA pada 2020.

Hal ini lantaran pemerintah sudah lebih dulu mencabut subsidi 24,4 juta pelanggan 900 VA yang dinilai rumah tangga mampu (RTM) di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

Lantas apakah PLN siap menanggung beban tersebut?

Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdulah menegaskan, PLN siap menjalankan apapun keputusan pemerintah. Soal beban, ia yakin pemerintah sudah memiliki rencana matang untuk PLN.

"Tentunya pemerintah sudah mempunyai pertimbangan tersendiri terkait hal ini apakah akan diakomodasi dalam tambahan subsidi, atau dalam bentuk lain sehingga tidak berdampak pada kegiatan operasional dan keuangan PLN," kata Dwi kepada Kompas.com, Minggu (29/12/2019).

Baca juga: Tarif Listrik 900 VA Batal Naik Tahun Depan

Dwi menjelaskan, PLN menyerahkan keputusan terkait tarif listrik 900 VA kepada regulator dalam hal ini Kementerian ESDM. Sementara PLN akan mengikuti peraturan yang berlaku.

"PLN kan hanya sebagai operator dan yang punya kewenangan untuk menetapkan Tarif Tenaga Listrik adalah regulator atau pemerintah, dalam hal ini diwakili oleh Kementrian ESDM," jelasnya.

Di sisi lain apapun kebijakan pemerintah, PLN akan taat dengan regulasi tersebut. Ia yakin pemerintah pastinya sudah memiliki pertimbangan terkait keputusan tarif tersebut.

Baca juga: PLN: Pencabutan Subsidi Kemungkinan Hanya Berdampak ke 6,9 Juta Pelanggan 900 VA

"Jadi ketika pemerintah akan menetapkan tarif baru atau mempertahankan tarif lama pasti pemerintah mempunyai pertimbangan tersendiri dan PLN akan taat dengan apa yang menjadi keputusan Pemerintah," jelasnya.

Meskipun tarif listrik 900 VA tak jadi naik, namun PLN akan tetap memaksimalkan pelayanan PLN, terutama saat menjelang perayaan tahun baru.

"PLN tetap bekerja dengan efisien, menjaga mutu dan keandalan serta terus menyediakan pasokan listrik ke pelosok negeri sehingga tercapai target rasio elektrifikasi 100 persen di tahun 2020," tegasnya.

Baca juga: Daftar Miliarder Dunia yang Jadi Politisi, Ada Nama Hary Tanoe

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X