Daftar Miliarder Dunia yang Jadi Politisi, Ada Nama Hary Tanoe

Kompas.com - 29/12/2019, 13:04 WIB
Hary Tanoesoedibjo. ANDREAN KRISTIANTOHary Tanoesoedibjo.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum Donald Trump terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) pada 2016 yang menjadikannya presiden miliarder pertama dalam sejarah Amerika, selama dekade terakhir, puluhan miliarder mencalonkan diri untuk jabatan publik dalam pemilihan umum di seluruh dunia.

Seperti dikutip Kontan.co.id dari Forbes, selain Trump, saat ini ada dua negara lain dengan seorang miliarder di pucuk pimpinan.

Presiden Chile dan investor miliarder Sebastián Piñera, yang menjabat sejak tahun lalu, berada di posisi kedua setelah masa jabatan empat tahun sebelumnya berakhir pada 2014.

Baca juga: Ini Daftar Miliarder Dunia Paling Untung dan Buntung di Tahun 2019

Republik Ceko juga dipimpin miliarder. Perdana Menteri Ceko Andrej Babiš, merupakan pebisnis sektor pertanian yang memenangkan kursi perdana menteri pada tahun 2017.

Forbes memperkirakan kekayaan bersih Babis mencapai 3,6 miliar dollar AS yang menjadikannya pemimpin negara terkaya di dunia, mengalahkan kekayaan Trump yang senilai 3,1 miliar dollar AS.

Namun memiliki harta miliaran dolar tidak selalu menjamin kemenangan. Di Ukraina, "raja cokelat" Petro Poroshenko memenangkan kursi kepresidenan pada tahun 2014. Saat itu Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya mencapai 1,3 miliar dollar AS.

Baca juga: Tarif Listrik 900 VA Batal Naik Tahun Depan

Namun pada pemilihan tahun ini. Poroshenko kalah dari komedian Volodymyr Zelensky. Di Rusia, salah satu pemilik Brooklyn Nets, Mikhail Prokhorov, hanya mengumpulkan 8 persen suara dalam upayanya untuk menggeser Vladimir pada tahun 2012 silam.

Pendiri Foxconn, Terry Gou, juga gagal melenggang ke kompetisi kursi presiden Taiwan. Miliarder Taiwan itu hanya menempati urutan kedua dalam pemilihan pendahuluan presiden 2019 untuk partai oposisi Taiwan, Kuomintang Party.

Tidak setiap miliarder mencari jabatan tertinggi di negerinya. Banyak yang memperebutkan kursi di parlemen.

Contohnya, pengusaha baja India, Savitri Jindal duduk di badan legislatif negara bagian India Haryana dari 2005 hingga 2014 dan memiliki kekayaan bersih 6,5 miliar dollar AS.

Baca juga: Ini Daftar Miliarder yang Jumlah Hartanya Meningkat Paling Pesat dalam 10 Tahun

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X