Banjir, PLN Padamkan Listrik di 724 Wilayah di Jakarta

Kompas.com - 01/01/2020, 10:46 WIB
Kondisi Banjir di Jalan Cipinang Bali, Cipinang Melayu, Makassar, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). KOMPAS.com/CYNTHIA LOVAKondisi Banjir di Jalan Cipinang Bali, Cipinang Melayu, Makassar, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melakukan pengamanan listrik saat banjir yang terjadi di Jakarta.

Hujan mengguyur seluruh kawasan saat pergantian tahun baru menyebabkan beberapa wilayah Jakarta dan sekitarnya terendam banjir.

PLN melakukan pemadaman sementara aliran listrik di wilayah yang terdampak banjir demi keselamatan masyarakat agar terhindar dari bahaya arus listrik.

Hingga pukul 09.30 WIB, PLN memadamkan listrik di 724 wilayah Jakarta yang mengalami banjir.

Ini termasuk di Karet Pasar Baru Barat dan sekitarnya, Kedoya Utara, Tanjung Duren, Pancoran, Pejaten Timur, Jati Petamburan, Perum Billy Moon Pondok Kelapa, Jalan Kebon Jeruk Raya, dan Kompleks Jatibening.

Baca juga: Banjir, Sejumlah Perjalanan Kereta Terganggu

Kemudian, PLN juga memadamkan listrik di Jalan Raya Daan Mogot Kalideres, Jalan Swadarma Raya, Jalan Pos Pengumben, Jalan Sektor Ciledug, Jalan Bangka Kemang, Duta Indah Square, Perumahan Taman Bougenville, Perumahaan Taman Wiana Jatibening, dan Perumahan Pinewood Wibawamukti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami turut prihatin atas musibah ini, kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik," ungkap Ikhsan Asaad, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta melalui rilis media, Rabu (1/1/2020).

Ikhsan menyebut, setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering. PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik.

 

"PLN dan perwakilan warga nantinya akan menandatangani berita acara penormalan aliran listrik bila semua perangkat listrik dari sisi warga maupun PLN sudah sama-sama siap," tambah Ikhsan.

Baca juga: PT Transjakarta: Halte yang Tak Beroperasi Bisa Jadi Pengungsian

Adapun berikut iimbauan PLN kepada masyarakat apabila wilayahnya mulai tergenang air.

  1. Matikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB).
  2. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak.
  3. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman.
  4. Apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123, aplikasi PLN Mobile atau Kantor PLN Terdekat meminta untuk dipadamkan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.