Rupiah Berpeluang Menguat Sepanjang Hari Ini

Kompas.com - 17/01/2020, 09:01 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.comIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Jumat (17/1/2020) kembali mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg pada pukul 08.33 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 13.640 per dollar AS atau menguat 2 poin sebesar 0,01 persen dibandingkan penutupan Kamis Rp 13.642 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menyebut meskipun hanya menguat tipis, hal ini merupakan respon positif market terhadap rampungnya penandatanganan kesepakatan dagang antara AS dan China.

"Sentimen positif dari penandatanganan kesepakatan AS China masih mendukung penguatan aset berisiko," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Didorong Masuknya Modal Asing, Rupiah Ditutup Menguat

Ariston menilai dengan kesepakatan ini, otomatis akan membawa angin segar bagi pergerakan ekonomi global. Menurutnya, ini akan memulihkan pertumbuhan ekonomi global, yang selama ini melambat.

" Rupiah bisa terbantu menguat terhadap dollar AS hari ini," jelasnya.

Di sisi lain, China pagi ini akan mengumumkan data pertumbuhan ekonomi yang ditunggu-tunggu oleh pasar.

"Bila data ini sesuai atau lebih bagus dari prediksi, ini bisa mendukung penguatan rupiah lagi," ungkapnya.

Ariston memproyeksikan rupiah akan bergerak dengan potensi support ke area Rp 13.600 per dollar AS sampai dengan Rp 13.700 per dollar AS.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X