Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bakal Terbitkan SBR009, Kupon 6,3 Persen, Berminat?

Kompas.com - 23/01/2020, 16:31 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mulai menawarkan instrumen surat utang Saving Bonds Ritel seri SBR009.

Di dalam keterangan tertulisnya, Kementerian Keuangan menjelaskan masa penawaran surat utang tersebut berlangsung per 27 Januari 2020 hingga 13 Februari 2020 dengan tingkat kupon sebesar 6,3 persen.

"Tingkat kupon sebesar 6,3 persen adalah berlaku sebagai tingkat kupon minimal (floor) dan tingkat kupon minimal tidak berubah sampai dengan jatuh tempo," jelas Kemenkeu dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (23/1/2020).

Baca juga: Saatnya Investasi, Pemerintah Jual SBR009 Mulai Pekan Depan

Nilai maksimum pemesanan SBR009 sebesar Rp 1 juta dengan maksimum pemesanan Rp 3 miliar.

Kemenkeu menjelaskan, jenis kupon SBR009 mengambang dengan kupon minimal sesuai dengan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI7RRR) yang saat ini sebesar 5 persen.

Tingkat kupon untuk periode 3 bulan pertama (19 Februari 2020 sampai dengan 10 Mei 2020) adalah sebesar 6,3 persen berasal dari suku bunga acuan yang berlaku ditambah dengan spread tetap yang sebesar 1,3 persen.

Adapun tingkat kupon berikutnya akan disesuaikan setiap 3 bulan pada yanggal penyesuaian kupon sampao dengan jatuh tempo.

"Penyesuaian tingkat kupon didasarkan pada suku bunga acuan ditambah spread tetap 130 bps. Tingkat kupon sebesar 6,3 persen adalah berlaku sebagai tingkat kupon minimal (floor) dan tingkat kupon minimal tidak berubah sampai dengan jatuh tempo," jelas Kemenkeu.

Baca juga: Ingin Mulai Investasi Saham? Hindari 5 Hal Sepele ini Agar Tidak Merugi

Pembayaran kupon bakal dilakukan di tanggal 10 setiap bulannya dengan pembayaran kupon pertama kali di 10 April 2020.

Proses pemesanan pembelian SBR009 secara online dilakukan melalui 4 tahap yaitu registrasi/pendaftaran, pemesanan, pembayaran dan setelmen/konfimasi.

Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

Sebelum melakukan pemesanan pembelian, setiap calon investor kiranya telah memahami Memorandum Informasi SBR009 yang dirilis pada tanggal 27 Januari 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com