Pemerintah Bakal Terbitkan SBR009, Kupon 6,3 Persen, Berminat?

Kompas.com - 23/01/2020, 16:31 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi investasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mulai menawarkan instrumen surat utang Saving Bonds Ritel seri SBR009.

Di dalam keterangan tertulisnya, Kementerian Keuangan menjelaskan masa penawaran surat utang tersebut berlangsung per 27 Januari 2020 hingga 13 Februari 2020 dengan tingkat kupon sebesar 6,3 persen.

"Tingkat kupon sebesar 6,3 persen adalah berlaku sebagai tingkat kupon minimal (floor) dan tingkat kupon minimal tidak berubah sampai dengan jatuh tempo," jelas Kemenkeu dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (23/1/2020).

Baca juga: Saatnya Investasi, Pemerintah Jual SBR009 Mulai Pekan Depan

Nilai maksimum pemesanan SBR009 sebesar Rp 1 juta dengan maksimum pemesanan Rp 3 miliar.

Kemenkeu menjelaskan, jenis kupon SBR009 mengambang dengan kupon minimal sesuai dengan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI7RRR) yang saat ini sebesar 5 persen.

Tingkat kupon untuk periode 3 bulan pertama (19 Februari 2020 sampai dengan 10 Mei 2020) adalah sebesar 6,3 persen berasal dari suku bunga acuan yang berlaku ditambah dengan spread tetap yang sebesar 1,3 persen.

Adapun tingkat kupon berikutnya akan disesuaikan setiap 3 bulan pada yanggal penyesuaian kupon sampao dengan jatuh tempo.

"Penyesuaian tingkat kupon didasarkan pada suku bunga acuan ditambah spread tetap 130 bps. Tingkat kupon sebesar 6,3 persen adalah berlaku sebagai tingkat kupon minimal (floor) dan tingkat kupon minimal tidak berubah sampai dengan jatuh tempo," jelas Kemenkeu.

Baca juga: Ingin Mulai Investasi Saham? Hindari 5 Hal Sepele ini Agar Tidak Merugi

Pembayaran kupon bakal dilakukan di tanggal 10 setiap bulannya dengan pembayaran kupon pertama kali di 10 April 2020.

Proses pemesanan pembelian SBR009 secara online dilakukan melalui 4 tahap yaitu registrasi/pendaftaran, pemesanan, pembayaran dan setelmen/konfimasi.

Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

Sebelum melakukan pemesanan pembelian, setiap calon investor kiranya telah memahami Memorandum Informasi SBR009 yang dirilis pada tanggal 27 Januari 2020.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X