Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manulife: Kesadaran Asuransi Masyarakat Palu Meningkat

Kompas.com - 06/02/2020, 20:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Manulife Indonesia menyebut, kesadaran masyarakat Palu, Sulawesi Tengah akan pentingnya asuransi pasca gempa meningkat. Hal ini terbukti dari pengakuan sejumlah agen.

Magi Maya, salah satu agen Manulife mengakui, kunjungan masyarakat ke kantor Manulife bertambah sekitar 20 persen dari sebelum terjadi tragedi gempa bumi.

“Walaupun memang banyak dari mereka belum bersedia membeli polis karena memang perekonomian masih belum mendukung. Tetapi setidaknya, dengan mereka datang saja itu sudah cukup bagus bagi kami,” ujar Maya dalam siaran pers, Kamis (6/2/2020).

Baca juga: Sebelum Memilih Asuransi, Lakukan Hal Penting Ini

Tak hanya itu, kepedulian Manulife terhadap para agen juga membuat jumlah agen bertambah yang sebelumnya hanya 79 orang, kini menjadi sekitar 90 orang.

Kantor perseroan pun mengalami kerusakan akibat gempa. Kendaraan operasional juga tertikpa reruntuhan.

“Kantor kami rusak, bahkan kami yang saat itu berada di kantor nyaris tertimpa reruntuhan, beruntung kami selamat. Tetapi, kendaraan kami hancur tertimpa reruntuhan,” ujar Manajer Distrik Manulife Indonesia Palu Seprina Fifian Mangitung.

Peristiwa gempa bumi itu merenggut nyawa dua agen perusahaan asuransi jiwa PT Manulife Indonesia yakni Reni Juaningsih dan M Rusli. Kantor rusak, listrik padam, jaringan komunikasi terhambat, dan dokumen-dokumen porak-poranda.

“Kami semua, staf kantor dan agen-agen yang ada tetap bekerja mencari nasabah dan membantu
memberikan bantuan, termasuk kepada masyarakat,” ungkap Fifian.

Baca juga: Lima Tahun Terakhir, Kinerja Industri Asuransi Positif

Seluruh agen mendapat bantuan, termasuk biaya untuk merenovasi rumah yang rusak akibat gempa. Pun ada beberapa agen yang mendapat dana hingga puluhan juta rupiah untuk memperbaiki kendaraan mereka yang rusak saat terparkir di kantor Manulife di Palu.

Manulife pun memberikan sejumlah layanan bagi pemegang polis yang terdampak, antara lain proses klaim yang cepat dan mudah, serta keringanan berupa pembebasan pembayaran premi selama satu tahun. Seluruh premi selama satu tahun itu ditanggung Manulife Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com