Sebelum Memilih Asuransi, Lakukan Hal Penting Ini

Kompas.com - 29/01/2020, 14:37 WIB
Ilustrasi asuransi THINKSTOCK/NELOSAIlustrasi asuransi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini masih banyak orang yang tidak sadar akan betapa pentingnya asuransi dalam kehidupan, baik dari kalangan milenial hingga orang tua.

Chief Marketing Officers Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen mengatakan, sangat penting bagi masyarakat untuk memiliki asuransi untuk memproteksi diri dalam jangka panjang.

"Penting sekali, ketika kita memiliki bisnis, punya anak dan keluarga ketika ada masalah atau kecelakaan nanti kita bisa memproteksi sejak dini," ujarnya usai peluncuran produk asuransi jiwa berjangka Joint Life Care di Jakarta, Rabu (28/1/2020).

Baca juga: Lima Tahun Terakhir, Kinerja Industri Asuransi Positif

Lebih lanjut, Karin mengatakan ada hal yang harus diperhatikan untuk memilih asuransi yang tepat.

Pertama, melakukan konsultasi ke salah satu pakar finansial, seperti perencana keuangan Konsultasi juga bisa dilakukan dengan agen asuransi.

Dengan melakukan konsultasi, calon nasabah dapat mengetahui produk apa yang cocok dan apa saja keunggulan produk asuransi tersebut.

"Kalau kita konsultasi kita tahu kebutuhan asuransi yang seperti apa kita butuhkan, tiap orang keadaan dan kebutuhannya kan berbeda, jadi bisa dikonsultasikan dahulu," lanjutnya.

Kedua, buat planning atau perencanaan. Dengan membuat planning atau perencanaan, maka  calon nasabah tahu memilih jangka asuransi yang akan digunakan.

"Setelah berkonsultasi kita bisa buat planning, baik dari segi pendapatan kita berapa persen untuk dana darurat, berapa persen untuk menabung dan berapa persen untuk pembayaran iuran atau premi asuransi," tambah Karin.

Baca juga: Premi Masih Tumbuh, OJK Klaim Industri Asuransi Tak Terimbas Isu Jiwasraya

Karin juga mengatakan, berdasarkan studi HSBC yang dilakukan tahun 2017, ada 71 persen responden yang memiliki tanggungan finansial namun tidak memiliki asuransi untuk proteksi jangka panjang.

Padahal, asuransi sangat diperlukan bilamana hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Oleh sebab itu kita juga memiliki rencana ke depan untuk memberikan literasi terus menerus agar masyarakat dan nasabah kita tahu betapa pentingnya peranan asuransi untuk jangka panjang," pungkasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X