RS Pertamina Jaya Akan Tampung Pasien Virus Corona dengan Gejala Berat

Kompas.com - 06/04/2020, 19:29 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat meninjau Rumah Sakit Pertamina Jaya, Rabu (11/3/2020). Kompas.com/AKHDI MARTIN PRATAMA Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat meninjau Rumah Sakit Pertamina Jaya, Rabu (11/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Sakit Pertamina Jaya, Jakarta akan dikhususkan untuk menangani pasien virus corona atau Covid-19 dengan gejala berat.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama Pertamedika Fathema Djan Rachmat saat mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir meninjau fasilitas RS Pertamina Jaya, Senin (6/4/2020).

“Kalau Wisma Atlet untuk ( pasien virus corona dengan gejala) ringan, ini (RS Pertamina Jaya) untuk (pasien) yang berat ke critical, sehingga yang kita terima yang rujukan, yang kasusnya lebih berat,” kata Fathema.

Baca juga: Erick Thohir: 2.411 Tempat Tidur di RS BUMN Siap Tampung Pasien Covid-19

Untuk tenaga medisnya, lanjut Fathema, pihaknya telah menyediakan sekitar 800 tenaga medis dan tenaga pendukung baik melalui rekrutmen baru maupun mendayagunakan SDM yang ada di RS Pertamina Jaya.

“Yang khusus untuk hadapi Covid-19 ini, rumah sakit ini dilengkap jumlahnya 90 ditambah 70, jadi 160 tempat tidur, dilengkapi dengan negatif pressure dan tata udara yang sesuai,” kata Fathema.

Selain rumah sakit, Hotel Patra Comfort yang berada tepat di samping RS Pertamina Jaya ini juga akan disiagakan untul menampung pasien corona. Fasilitas di hotel tersebut juga sudah dilengkapi ICU.

“Sudah disiapkan juga bangunan ruang rawat 90 bed modular di arena hotel Patra Jasa. Rehab dilakukan untuk ruang tempat tidur setingkat Intensive Care Unit (ICU) dan Non ICU, laboratorium diagnostik, radiologi serta ruang IGD serta fasilitas pendukung lainnya di RSPJ,” ucap dia.

Baca juga: Minat Kerja di RS Khusus Corona? Pertamina Lagi Buka Banyak Lowongan

RS Pertamina Jaya ini juga dilengkapi dengan Command Center dimana 65 Rumah Sakit BUMN di seluruh Indonesia terkoneksi.

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X