Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warung Digital Tokopedia Tawarkan Keuntungan Berlipat bagi Pelaku Usaha Tradisional

Kompas.com - 02/11/2020, 18:50 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ekspansi ekosistem Mitra Tokopedia melalui pemanfaatan teknologi mempermudah pegiat usaha tradisional, termasuk pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya meraih keuntungan.

Head of New Retail Tokopedia Doni Nathaniel Pranama mengatakan, ada jutaan pegiat usaha tradisional menjadikan aplikasi Mitra Tokopedia sebagai platform berbelanja O2O dengan cakupan luas.

Berbagai dampak positif juga dirasakan para pemilik warung berdasarkan survei yang dilakukan terhadap ribuan Mitra pada Oktober 2020.

Baca juga: Bos Tokopedia Ungkap Masalah Terbesar yang Dihadapi UMKM saat Berjualan di E-commerce

“Hampir 80 persen pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya yang bergabung menjadi Mitra Tokopedia meraih keuntungan tambahan lebih dari 2 kali lipat,” kata Doni melalui virtual konferensi, Senin (2/11/2020).

Doni mengatakan, para pegiat usaha tradisional bisa merasakan beragam kemudahan. Mulai dari harga produk lebih terjangkau, promo berkala, gratis ongkir, layanan same-day delivery, banyaknya pilihan pembayaran hingga kehadiran sejumlah fitur, seperti Grosir dan Penjualan Produk Digital.

Selain itum isi stok warung lebih mudah, cepat dan efisien melalui fitur grosir. Data internal Tokopedia mencatatkan hampir 100 persen mitra Tokopedia menghemat biaya transportasi lebih dari Rp 50.000 per minggu dengan memanfaatkan fitur ini.

Baca juga: Selama Pandemi, Penjualan Sepeda di Tokopedia Naik Hampir 3 Kali Lipat

Penjualan produk digital semakin diminati selama pandemi, seperti pulsa, paket data, voucher game, pembayaran tagihan listrik, air, BPJS dan lainnya. Bahkan kini masyarakat dipermudah dalam memenuhi kewajiban perpajakan, seperti membayar PBB, lewat warung dan toko kelontong.

Adapun produk digital yang paling laris selama pandemi adalah pulsa dan paket data, token listrik, PDAM, BPJS dan voucher game.

Melalui Gerakan Warung Nasional (GWN) yang sudah diadakan dua tahun berturut-turut, diharapkan akan terus memajukan pegiat usaha tradisional terutama yang saat ini terdampak pandemi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com