Bank Mandiri Bakal Gelontorkan Kredit ke Petani Mitra PLN

Kompas.com - 29/12/2020, 19:09 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. (Rafapress/SHUTTERSTOCK) Ilustrasi Bank Mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan menyalurkan kredit mikro produktif kepada para petani mitra PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Pemberian kredit untuk mendukung elektrifikasi pompa irigasi di sektor pertanian. Pembiayaan tersebut menggunakan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan, KUR bakal diberikan usai petani mengajukan permohonan kepada PLN.

Baca juga: Pahala Mansury, Eks Pimpinan Bank Mandiri Ketiga yang Duduki Jabatan Wamen BUMN

Pada tahap awal, potensi lahan pertanian yang akan tergarap pembiayaan ini mencapai sekitar 69 ribu hektar, di wilayah Madiun.

"Lewat sinergi ini, Kami berharap kesejahteraan petani dan pemberdayaan SDM pertanian dapat meningkat, serta mampu memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional yang saat ini tengah terdampak pandemi Covid-19 ini," ungkap Aquarius dalam siaran pers, Selasa (29/12/2020).

Aquarius menjelaskan, penyaluran program KUR untuk sektor pertanian menjadi salah satu prioritas Bank Mandiri.

Sebab mengingat sektor ini merupakan sektor produksi yang penting untuk meningkatkan produksi pangan dan menyerap tenaga kerja.

"Salah satu keistimewaan program ini adalah pembiayaan ini bisa diakses oleh petani mitra PLN yang belum menjadi nasabah Bank Mandiri. Asalkan mendapat rekomendasi dari PLN," ucap dia.

Baca juga: Bank Mandiri Optimistis Kredit Bisa Tumbuh 5 Persen di Tahun 2021

Dengan kerja sama, Bank Mandiri optimistis dapat terus meningkatkan penyaluran KUR secara optimal sesuai target.

Hingga November 2020, penyaluran KUR Bank Mandiri telah mencapai Rp 21,36 triliun kepada 242.948 debitur.

Nilai penyaluran tersebut telah setara dengan 87,17 persen dari target tahun ini yang sebesar Rp 24.5 triliun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X