Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredit Perbankan Diproyeksi Tumbuh 5 Persen di 2021

Kompas.com - 21/12/2020, 21:32 WIB
Yohana Artha Uly,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kredit industri perbankan di Indonesia diproyeksi tumbuh 5 persen pada tahun depan.

Hal ini seiring dengan perkiraan pulihnya perekonomian nasional di 2021.

"Kredit itu, pertumbuhannya akan berhubungan erat dengan pertumbuhan ekonomi, itu jelas," ujar Ekonom Bank Danamon Wisnu Wardana dalam konferensi pers Economic Outlook 2021 secara virtual, Senin (21/12/2020).

Baca juga: BNI Syariah Luncurkan Kartu Kredit Desain Qanun Aceh, Ini Promo yang Ditawarkan

Wisnu mengatakan, kegiatan ekonomi akan kembali bergeliat di 2021 secara bertahap, sehingga penyaluran kredit pun akan meningkat.

Dengan demikian, ekonomi diperkirakan tumbuh mencapai 3,4 persen.

Sementara Dana Pihak Ketiga (DPK) pada tahun depan diperkirakan akan tumbuh 4,6 persen.

Sehingga rasio kredit terhadap dana pihak ketiga atau loan to deposit ratio (LDR) perbankan diproyeksi akan naik tipis menjadi sebesar 83,2 persen.

"DPK masih akan sedikit tumbuh karena tahun depan masih ada stimulus dari pemerintah yang akan berjalan, dan di saat yang sama recovery itu akan memunculkan perputaran uang, sehingga deposito akan meningkat tapi enggak terlalu tinggi," jelas Wisnu.

Baca juga: Gaji Rp 3 Jutaan Mau Punya Kartu Kredit? Ini Tips Memilihnya

Terkait kredit bermasalah (non-performing loan/NPL), kata Wisnu, akan mengalami peningkatan tipis seiring dengan langkah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan memperpanjang masa restrukturisasi kredit sampai dengan tahun 2022.

"Dari sisi NPL meskipun ada peningkatan di 2021 tapi enggak akan signifikan, mungkin hanya naik 0,2-0,3 persen dari posisi tahun ini, karena memang programnya kaan selesia di 2022," pungkas Wisnu. 

Adapun untuk tahun 2020 diperkirakan pertumbuhan kredit industri perbankan minus 1,7 persen, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang diproyeksi minus 1,8 persen.

Sementara DPK diperkirakan akan tumbuh 10,9 persen di keseluruhan tahun 2020. Dengan demikian, LDR perbankan diproyeksi bakal sebesar 83 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com