Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Mencoba Bangkit, Rupiah Bertahan

Kompas.com - 06/04/2021, 09:59 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa (6/4/2021) berlangsung fluktuatif.

Dibuka hijau, indeks sempat tergelincir ke zona merah, sebelum akhirnya kembali merangkak ke teritori positif.

 

Pukul 09.45 WIB, IHSG berada di posisi 5,987.67, menguat 17,38 poin atau 0,29 persen dibandingkan penutupan sebelumnya pada level 5.970,28.

Baca juga: IHSG Diperkirakan Bisa Bangkit, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Analisis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menyebutkan, berdasarkan indikator Moving Average Convergence/Divergence (MACD) dan RSI masih menunjukkan sinyal negatif.

Meskipun demikian, stochastic mulai menunjukkan kondisi jenuh jual atau oversold.

Di sisi lain, pergerakan IHSG telah menguji garis MA (moving average/pergerakan rata-rata) 60 pada sebelumnya sehingga peluang terjadinya penguatan minimal menuju ke level resistance masih terbuka lebar.

Sementara itu, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap mata uang Amerika, dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot juga bergerak di teritori positif

Dilansir dari data Bloomberg, pukul 09.28 WIB rupiah berada di Rp 14.498 menguat 0,12 persen dibanding sebelumnya di posisi Rp 14.515.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com