Kompas.com - 06/04/2021, 09:59 WIB
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan saham saat merebaknya wabah Covid-19 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/4/2020). ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTAKaryawan melintas di dekat layar pergerakan saham saat merebaknya wabah Covid-19 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa (6/4/2021) berlangsung fluktuatif.

Dibuka hijau, indeks sempat tergelincir ke zona merah, sebelum akhirnya kembali merangkak ke teritori positif.

 

Pukul 09.45 WIB, IHSG berada di posisi 5,987.67, menguat 17,38 poin atau 0,29 persen dibandingkan penutupan sebelumnya pada level 5.970,28.

Baca juga: IHSG Diperkirakan Bisa Bangkit, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Analisis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menyebutkan, berdasarkan indikator Moving Average Convergence/Divergence (MACD) dan RSI masih menunjukkan sinyal negatif.

Meskipun demikian, stochastic mulai menunjukkan kondisi jenuh jual atau oversold.

Di sisi lain, pergerakan IHSG telah menguji garis MA (moving average/pergerakan rata-rata) 60 pada sebelumnya sehingga peluang terjadinya penguatan minimal menuju ke level resistance masih terbuka lebar.

Sementara itu, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap mata uang Amerika, dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot juga bergerak di teritori positif

Dilansir dari data Bloomberg, pukul 09.28 WIB rupiah berada di Rp 14.498 menguat 0,12 persen dibanding sebelumnya di posisi Rp 14.515.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.