Indeks Kepercayaan Konsumen Bulan April Kembali ke Level Optimistis

Kompas.com - 10/05/2021, 14:12 WIB
Ilustrasi konsumen Thinkstockphotos.comIlustrasi konsumen

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melalui Survei Konsumen Bank Indonesia menilai keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi melanjutkan tren perbaikan pada bulan April 2021, bahkan indeks keyakinan konsumen (IKK) kembali masuk ke zona optimistis.

Survei Konsumen BI menyebutkan, IKK April 2021 sebesar 101,5 yang masuk ke zona optimis, karena sudah berada di atas 100, meningkat dibandingkan 93,4 pada Maret 2021.

"IKK April 2021 juga merupakan angka optimisme pertama kali sejak IKK masuk zona pesimis pada April 2020," ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangan tertulis, Senin (10/5/2021).

Baca juga: Agar Tidak Rugi Saat Berbelanja, Pahami Dulu Hak dan Kewajiban Konsumen

Kendati demikian, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau masih berada di zona pesimistis meski terus membaik, dimana pada April 2021 indeks kondisi ekonomi (IKE) tercatat sebesar 80,3 dari sebelumnya 72,6.

Lebih lanjut Erwin menjelaskan, keyakinan konsumen terpantau membaik pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden, tingkat pendidikan, dan kelompok usia responden.

Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di seluruh kota yang disurvei khususnya di kota Padang, diikuti oleh Bandung dan Pangkal Pinang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan hasil SK, peningkatan optimisme konsumen pada April 2021 didorong oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yaitu terhadap aspek ketersediaan lapangan kerja, ekspansi kegiatan usaha yang meningkat, dan penghasilan yang meningkat pada 6 bulan yang akan datang.

Baca juga: Dari Mata Turun ke Hati, Begini Tips agar Bisnis Anda Dilirik Konsumen

"Sementara itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik, didorong oleh perbaikan persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama," ucap Erwin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X