Aksi Boikot Indomaret Disetop, Kemenaker: Contoh Bagus di Masa Sulit

Kompas.com - 04/06/2021, 08:28 WIB
Gerai Indomaret KOMPAS.COM/TEGUH PRIBADIGerai Indomaret

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Ketenagakerjaan mengapresiasi upaya Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal untuk mengimbau seluruh anggotanya menghentikan kampanye boikot Indomaret, gerai ritel yang dikelola oleh PT Indomarco Prismatama.

"Ini contoh bagus di saat sulit, kedua pihak masih mampu menyelesaikan dialog sosial. Kemenaker memberikan apresiasi KSPI akan menghentikan kampanye dan boikot Indomaret," kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi di Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Baca juga: Promo Indomaret Bulan Juni, Ini Daftar Produknya

Anwar menambahkan, Kemnaker juga memberikan apresiasi kepada PT Indomarco Prismatama yang telah mendorong pekerjanya melakukan dialog hubungan industrial secara bipartit, sehingga tercipta saling pengertian, saling kesepahaman, dan melahirkan kesepakatan.

Sementara itu, Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker, Indah Anggoro Putri, menyatakan, pihaknya tetap memiliki kepedulian terhadap hubungan industrial yang bergejolak akibat dinamika bisnis di masa pandemi Covid-19.

Hal ini dibuktikan dengan mamfasilitasi pertemuan pihak Indomarco dengan pihak serikat pekerja Indomaret untuk mengedepankan musyawarah mufakat.

Putri memastikan di masa sulit seperti sekarang ini , pengusaha dan pekerja bisa melakukan upaya dialog mengatasi kesulitan akibat kesulitan bisnis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pekerja dan Manajemen Indomaret Sepakat Damai

Ia juga menjamin Kemenaker akan selalu mendampingi serikat pekerja/serikat buruh dan pengusaha yang sedang dalam proses dialog agar proses dialog berjalan konstruktif.

"Kami akan selalu mendampingi pekerja dan pengusaha. Kasus Indomaret ini menjadi pengalaman kita di masa sulit. Insyaallah dengan musyawarah mufakat ada jalan keluarnya, dan kami senang jika aksi-aksi tersebut disetop kami beri apresiasi," tegas dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.