[KURASI KOMPASIANA] Sales dan Harta Karun Tak Terduga | Cara Tim Sales Tetap "On Fire" | Strategi Sales Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Kompas.com - 05/06/2021, 13:13 WIB
Ilustrasi marketing Thinkstockphotos.comIlustrasi marketing

KOMPASIANA---Tak sedikit dari masyarakat Indonesia yang masih menganggap tenaga penjualan atau sales sebagai pekerjaan rendah dan cenderung diberi cap negatif karena sering memaksa orang membeli produk atau mengganggu ketenangan.

Padahal jika dilihat lebih dalam, sales justru memiliki peran yang sangat penting dan krusial dalam perusahaan. Para sales inilah pilar yang bertugas menjaring omzet bagi perusahaan.

Meski kerap dipandang sebelah mata, nyatanya banyak sales yang menuai kesuksesan. Namun, untuk mencapai hal tersebut tentu tak mudah.

Ada beberapa hal yang perlu dipelajari dan diperhatikan sales saat menjalani pekerjaannya, terutama dalam memprospek dan menjaga hubungan dengan klien.

Berikut 3 konten menarik di Kompasiana terkait dengan profesi sales.

1. Jadi Sales, Ini Harta Karun Tak Terduga yang Kamu Dapat

Menjalani profesi sales memang dituntut bekerja keras untuk mengejar target penjualan. Namun, kerja keras itu tentunya akan berbanding lurus dengan pendapatan yang bisa diperoleh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai ujung tombak perusahaan, sumber pendapatan sales tidak hanya dari gaji tetap, tapi juga berasal dari insentif yang diberikan sesuai dengan volume penjualan.

Selain itu, menurut Kompasianer Novi Ana Rizqiani sebenarnya ada hal lain yang paling berharga yang didapatkan sales selain dari dua pendapatan utama tersebut.

Hal itu adalah meningkatnya soft skill dan pengalaman. Jadi sales akan membuat kita bisa meningkatkan kemampuan komunikasi dan negoisasi hingga menjalin banyak relasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.