Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Chip BCA: Jenisnya dan Cara Menggantinya dari Kartu Lama

Kompas.com - 28/04/2022, 11:03 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk atau Bank BCA menginformasikan kepada para nasabah untuk segera mengganti kartu debit atau kartu ATM lama tanpa chip dengan kartu baru, berupa kartu chip BCA atau kartu ATM BCA chip (kartu BCA chip).

Penggunaan kartu Chip BCA sesuai dengan regulasi dari Bank Indonesia, di mana kartu debit magnetic strip harus dikonversi ke kartu ATM BCA chip atau kartu chip BCA.

Penggantian kartu ATM lama dengan kartu chip BCA ini untuk mendukung kebijakan Bank Indonesia yang mewajibkan penggunaan kartu debit berbasis chip untuk semua kartu yang diterbitkan di Indonesia.

Sebagai informasi, ketentuan penggantian kartu ATM magnetic strip ke berbasis chip terdapat dalam Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP yang dikeluarkan 30 Desember 2015.

Baca juga: 8 Jenis Kartu ATM BCA: Biaya Admin, Limit, dan Fitur Pembedanya

Isinya adalah implementasi standard nasional teknologi chip, dan penggunaan 6 digit PIN pada kartu ATM dan debit yang diterbitkan di Indonesia.

Beleid ini juga menentukan penggantian kartu dilakukan paling lambat 31 Desember 2021. Artinya mulai tahun depan, nasabah Bank BCA sudah harus menggunakan kartu ATM BCA chip.

Manfaat dan jenis kartu chip BCA

Penggantian kartu ke kartu chip BCA memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi debit secara daring. Mulai dari berbelanja online, berlangganan aplikasi streaming musik dan film, hingga pembelian voucher game.

Jenis-jenis kartu chip BCA atau kartu ATM BCA chip juga sama dengan kartu lama berbasis magnetic strip. Yang membedakan, tentulah kartu debit dilengkapi dengan chip di dalamnya.

Baca juga: 4 Cara Mudah Menemukan ATM BCA Terdekat dari HP

Berikut 7 jenis kartu chip BCA atau kartu ATM chip BCA:

  1. Xpresi BCA
  2. Debit BCA
  3. Tapres
  4. BCA Dollar
  5. TabunganKu
  6. Simpel
  7. BCA Cash

Beralih ke kartu debit BCA berteknologi chip atau kartu chip BCA dapat mengurangi risiko pencurian data kartu nasabah. Sebab, secara teknologi kartu chip BCA, data dari Kartu Debit BCA Non Chip lebih mudah untuk di-copy.

Kartu chip BCA atau kartu BCA chip adalah pengganti dari kartu magnetic stripe, simak cara mengganti ke kartu ATM BCA chip atau kartu ATM chip BCA.Bank BCA Kartu chip BCA atau kartu BCA chip adalah pengganti dari kartu magnetic stripe, simak cara mengganti ke kartu ATM BCA chip atau kartu ATM chip BCA.

Cara mendapatkan kartu ATM BCA chip

Penggantian kartu debit lama ke kartu chip BCA atau kartu ATM BCA chip tidak dikenakan biaya alias gratis oleh Bank BCA. 

Mengganti kartu debit BCA non-chip ke kartu ATM chip BCA pun mudah, yakni dapat melalui BCA mobile, Halo BCA, layanan customer service digital, maupun kantor cabang BCA.

Untuk mengajukan penggantian kartu chip BCA di cabang terdekat, nasabah hanya perlu membawa KTP, kartu debit lama, dan mengisi formulir penggantian kartu.

Baca juga: Kode Bank BCA untuk Transfer lewat ATM

Sementara untuk mendapatkan kartu chip BCA melalui Halo BCA, harus menyertakan foto selfie dengan memegang KTP elektronik, foto KTP elektronik, dan form penggantian kartu.

Formulir akan dikirimkan saat proses pengajuan dan wajib dilengkapi nasabah sebelum dikirimkan kembali. Sementara foto Selfie dilakukan sembari memegang kartu KTP-el di bawah dagu (tidak menutupi bagian wajah).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com