Cek Tarif Kirim Motor lewat Pos Indonesia, Indah Cargo, dan JNE

Kompas.com - 04/06/2022, 19:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi Anda yang ingin mengirim sepeda motor ke luar kota, ada banyak perusahaan jasa ekspedisi yang bisa menjadi pilihan. Mulai dari Pos Indonesia, Indah Cargo Logistik, hingga JNE. Berapa tarif kirim motor lewat ketiga jasa ekspedisi tersebut?

Tarif kirim motor melalui Pos Indonesia, Indah Cargo Logistik, dan JNE tentu akan berbeda. Selain tarif kirim motor, syarat dan ketentuan pengiriman barang dari ketiganya juga tidak sama.

Sebagai contoh, untuk mengirim sepeda motor lewat Pos Indonesia, Anda harus datang ke cabang utama dan memilih layanan Paket Jumbo Motor. Sementara jika menggunakan Indah Cargo Logistik, pengiriman sepeda motor ke luar kota bisa menggunakan layanan Towing.

Baca juga: Bagaimana Cara Investasi di Saham Syariah?

Sedangkan untuk pengangkutan barang muatan besar atau pengiriman sepeda motor via JNE, Anda bisa memilih layanan JNE Truck (JTR). JTR ini diperuntukan mengantar barang muatan besar yang bebannya hingga ratusan kilogram.

1. Tarif kirim motor lewat Pos Indonesia

Berat jenis motor

Pengiriman motor dengan menggunakan layanan Paket Jumbo Motor dihitung berdasarkan berat jenis motor dan tujuan pengiriman.

Setiap jenis motor juga memiliki biaya yang berbeda. Misal untuk motor matic akan dikenakan biaya kirim setara 100 kilogram sedangkan motor lebih besar akan dikenakan 150 kilogram.

Baca juga: Sepekan Aliran Modal Asing Masuk Rp 10,37 Triliun ke Indonesia

PPN

Selain biaya kirim, Anda akan dikenakan pajak sebesar 1 persen dari biaya kirim resmi. Asuransi 0.3 persen dari nilai barang. Nominalnya akan berbeda beda dan dhitung berdasarkan jenis motor. Misal untuk motor matic akan dikenakan nominal Rp 48.000.

Packing Motor

Packing motor di Pos Indonesia dikenakan tarif kisaran Rp 200.000.

Syarat dan ketentuan kirim motor via Pos Indonesia

  • Membawa STNK dan BPKB asli.
  • Mengisi formulir kirim paket motor.
  • Jenis motor yakni bebek, matic, sport serta vespa.
  • Tidak melayani kiriman motor roda 3.
  • Kapasitas mesin motor maksimum 250cc.
  • Tangki bahan bakar harus dikosongkan sebelum dikirimkan.
  • Bagasi wajib kosong.
  • Aki dilepas untuk menghindari konsleting saat pengiriman.
  • Spion motor wajib dilepas.
  • Packing wajib dilakukan petugas POS Indonesia.
  • Memberikan alamat lengkap, nama dan nomor handphone.

Baca juga: Segera Beroperasi, Ini Sistem Pembayaran LRT Jabodebek

Cara cek resi Indah Cargo secara mudah dan cepat melalui ponselIndah Cargo Cara cek resi Indah Cargo secara mudah dan cepat melalui ponsel

2. Tarif kirim motor via Indah Cargo Logistik

Adapun tarif kirim motor Indah Cargo bukan ditentukan oleh berat motor, melainkan cc mesin motor yang akan dikirim. Biaya pengiriman dari kota ke kota lainnya bisa mengalami perbedaan sesuai jarak tujuan pengiriman dan layanan yang dipilih.

Jika ingin mengirim motor dengan jarak dekat, sebaiknya menggunakan layanan darat saja karena cenderung lebih murah. Tarif kirim motor Indah Cargo melalui layanan darat adalah sekitar Rp 2.820 per kilogram.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.