KILAS

Kurangi Sampah Laut di Minahasa Selatan, Elnusa Petrofin Luncurkan "Asiap"

Kompas.com - 10/06/2022, 16:41 WIB

KOMPAS.com – PT Elnusa Petrofin Anak Usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) terus berupaya mengatasi masalah lingkungan, khususnya sampah laut.

Oleh karenanya, ELSA melalui Petrofin Peduli meluncurkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Armada Transportasi Sampah Desa Sapa Raya (Asiap).

Direktur Operasional dan Marketing ELSA Nur Kholis mengatakan, "Asiap" menjadi salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan Elnusa Petrofin dengan memberikan solusi tepat guna bagi masyarakat dalam mengatasi sampah di laut.

Program ini berbasis partisipasi masyarakat yang dikembangkan perusahaan bagi desa di wilayah ring satu unit operasi Depot LPG Amurang,” ujarnya dalam acara peluncuran program Asiap di Desa Sapa Raya, Minahasa Selatan, Jumat (10/6/2022).

Partisipasi masyarakat akan diwadahi melalui pembentukan Kelompok Penggerak Sampah Desa Sapa Raya.

Program Asiap diharapkan berdampak kepada 2.907 penduduk di tiga desa ring satu Depot LPG Amurang. Program ini juga diproyeksikan dapat mengurangi sampah laut hingga 7,2 ton per bulan.

Baca juga: Peduli Lingkungan, Elnusa Petrofin Tanam 500 Bibit Mangrove di Bangka Belitung

“Dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung, kami harap dapat mendukung upaya pemerintah dalam upaya mencegah terjadinya pencemaran sampah kembali di lingkungan,” ujarnya Nur Kholis dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Selatan Dorkas Singkala menyampaikan, pihaknya bangga dan berterima kasih atas inisiatif ELSA melalui program Asiap.

“Semoga program ini tidak hanya sampai seremonial, tapi terus berkelanjutan. Harapan kami selaku pemerintah, kontribusi Elnusa Petrofin menjadi tolak ukur kemajuan Minahasa Selatan,” ungkapnya..

Dorkas menyebutkan, program Asiap juga berguna meningkatkan kesadaran masyarakat akan perubahan iklim yang membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif, khususnya dalam pengelolaan sampah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.