Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Rp 300.000-Rp 600.000, Bos KCIC: Belum Dirilis

Kompas.com - 13/10/2023, 07:20 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral beredar di media sosial (medsos) besaran harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau Whoosh jelang periode tiket kereta cepat gratis berakhir pada 16 Oktober mendatang.

Informasi ini dibagikan oleh akun Twitter @txttransportasi pada Kamis (12/10/2023).

Akun tersebut membagikan tangkapan layar aplikasi Whoosh - Kereta Cepat yang sudah menampilkan harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung relasi Stasiun Halim-Tegalluar untuk keberangkatan 17 Oktober 2023.

Adapun rincian harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung tersebut, yaitu kelas ekonomi premium sebesar Rp 300.000, kelas bisnis sebesar Rp 450.000, dan first class sebesar Rp 600.000.

Baca juga: Tiket Kereta Cepat-Jakarta-Bandung Gratis hingga Pertengahan Oktober 2023

Besaran harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung itu di atas harga yang diusulkan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator kereta cepat, yaitu Rp 250.000-350.000.

"Tarif kereta cepat "Whoosh" relasi Stasiun Halim - Stasiun Tegalluar telah tampil di aplikasi penjualan tiket per 17 Oktober 2023," tulis akun Twitter @txttransportasi.

"Namun demikian tiket ini belum bisa dipesan. Kabar berikutnya bisa menunggu rilis official @KeretaCepatID," sambung akun tersebut.

Pada unggahan berikutnya, akun yang sama menyebut tampilan harga pada aplikasi Whoosh - Kereta Cepat itu masih berupa proses pengujian alias belum resmi.

"Case closed, karena ini masih proses testing mari kita tunggu info resminya tgl 17 Oktober 2023 nanti," terang akun Twitter @txttransportasi.

Baca juga: KA Feeder Kereta Cepat Layani 5.473 Penumpang Selama Sepekan

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyebut harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung belum dipastikan. Namun dalam waktu dekat akan segera diumumkan.

"Belum, segera kita akan release," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (12/10/2023) malam.

Namun dia tidak menjelaskan lebih lanjut kenapa aplikasi Whoosh - Kereta Cepat menampilkan harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung meskipun masih belum bisa dibeli.

Baca juga: KCIC Bakal Tindak Oknum yang Jual Tiket Gratis Kereta Cepat

 


Sebagai informasi, sejak diresmikan 2 Oktober lalu, PT KCIC memang belum menetapkan harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung.

Adapun selama 3-16 Oktober 2023 PT KCIC memberlakukan tarif promo dimana penumpang dapat menaiki kereta cepat Jakarta-Bandung tanpa dikenakan biaya sepeserpun.

Pendaftaran untuk mendapatkan tiket kereta cepat gratis ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap 1 dan 2 pada 2 Oktober dan 7 Oktober lalu untuk perjalanan 3-10 Oktober 2023.

Sementara pendaftaran tahap 3 telah dilaksanakan 10 Oktober lalu untuk keberangkatan 11-16 Oktober 2023.

Pada tahap awal pengoperasian kereta cepat Jakarta-Bandung ini PT KCIC hanya mengoperasikan Stasiun Halim, Padalarang, dan Tegalluar untuk naik dan turun penumpang. Sementara Sasiun Karawang masih belum dioperasikan.

Baca juga: Sejak 3 Oktober, 15.000 Orang Telah Merasakan Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com