Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Kelanjutan Promo Tiket Kereta Cepat Whoosh Rp 150.000 yang Akan Berakhir Bulan Ini

Kompas.com - 24/11/2023, 10:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Promo harga tiket kereta cepat Whoosh untuk kelas premium ekonomi sebesar Rp 150.000 akan berakhir pada 30 November 2023. Namun, pemerintah masih belum memastikan periode promo ini akan diperpanjang atau tidak.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan dari para pemangku kepentingan yang lain, seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Masih nanti nunggu, kan kebijakannya itu tidak hanya dari saya, dari Menhub nanti," ujarnya saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (23/11/2023).

Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyebut keputusan promo ini ada di tangan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator kereta cepat Whoosh.

"Harga tiket whoosh ini ditetapkan oleh korporasi, bisa dikonfirmasi ke KCIC," kata Adita kepada Kompas.com, Kamis (23/11/2023).

Baca juga: Promo Tiket Kereta Cepat Whoosh Rp 150.000 Berakhir Bulan Ini, Desember Harga Naik?

Sementara Kemenhub selaku regulator hanya bisa memberikan masukan dan rekomendasi terkait promo tiket kereta cepat ini.

Adita bilang, untuk saat ini pihaknya belum memberikan masukan atau rekomendasi ke KCIC untuk memperpanjang periode promo tiket Rp 150.000 lantaran masih perlu melakukan evaluasi.

Artinya, masih ada kesempatan untuk periode tarif promo ini diperpanjang jika Kemenhub memutuskan untuk memberikan saran ke KCIC agar promo dilanjutkan.

"Nanti akan dievaluasi lebih dulu," ucapnya.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Disambut Antusias, Tembus 21.000 Penumpang Sehari

 


Sebelumnya, Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa tidak menyebutkan secara gamblang apakah promo tarif Rp 150.000 akan diperpanjang atau dihentikan akhir bulan ini.

Eva mengatakan, KCIC akan memberikan promo dengan skema lain. Adapun promo yang akan berlaku akan membuat harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung menjadi lebih bervariasi.

"Akan ada promo selanjutnya dengan tarif yang bervariasi," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Namun, dia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai besaran tarif yang akan diberlakukan mulai bulan depan. "Untuk besaran tarif akan kami infokan segera," tambahnya.

Baca juga: Cara Naik Kereta Cepat dari Tangerang Selatan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com