Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Inspeksi Kesiapan Transportasi Libur Adha

Kompas.com - 16/06/2024, 08:56 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi kesiapan moda transportasi dalam menghadapi libur panjang Raya Idul Adha 1445 H dan libur anak sekolah.

Budi melakukan inspeksi kesiapan kereta api milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) dari Stasiun Purwokerto menuju Stasiun Kroya, Stasiun Tegal, hingga Stasiun Semarang pada Sabtu (15/6/2024).

Ia memastikan aspek keselamatan terpenuhi dengan ramp check kereta.

Baca juga: Menhub Lantik Irjen Risyapudin Nursin Jadi Dirjen Perhubungan Darat

Budi juga mengatakan, PT KAI telah menambah perjalanan kereta api (KA) sebanyak 20 persen untuk rute-rute favorit seperti Jakarta-Surabaya, Jakarta-Yogyakarta, serta Jakarta-Solo dan sebaliknya. Selama lima hari (14-18 Juni 2024), KAI menyediakan 923.503 tempat duduk.

"Saya bersama KAI meninjau beberapa tempat, memantau pergerakan liburan panjang akhir pekan dalam rangka Idul Adha. Apa yang dilakukan KAI sangat baik, sudah dipantau bahwa ada beberapa tempat yang menjadi tujuan favorit," kata Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (16/6/2024).

Selain kereta api, Budi mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Korlantas Polri dan Dinas Perhubungan Kota/Kabupaten melakukan ramp check terhadap bus umum dan bus pariwisata pada hari Sabtu (15/6/2024) dan Minggu (16/6/2024) secara serentak di seluruh Indonesia.

"Untuk transportasi darat, memang untuk liburan yang krusial adalah daerah pariwisata. Oleh karenanya, saya melakukan inspeksi di beberapa tempat dan Alhamdulillah tadi di Purwokerto bagus sekali. Harapan saya itulah yang dilakukan oleh masyarakat transportasi, khususnya pengguna bus. Bagi operator tentu harus mengutamakan keselamatan," ujarnya

Sedangkan pada penyeberangan, Budi mengatakan, rute Ketapang-Gilimanuk dan Merak- Bakauheni yang akan ramai pada liburan saat ini.

"Penyeberangan harus siap dengan jumlah mobilitas masyarakat yang banyak pada liburan kali ini, berikan pelayanan yang terbaik dan proses berangkat dan pergi upayakan secepat mungkin,” tuturnya.

Di sektor penerbangan, ia memastikan keselamatan udara terpenuhi melalui ramp check pesawat.

"Saya juga meminta baik pengelola bandara maupun operator menambah penerbangan tambahan untuk rute favorit seperti ke Solo, Yogyakarta, dan Bali," kata dia.

Terakhir, Budi mengatakan, untuk mengantisipasi pemenuhan distribusi kebutuhan hewan kurban pada masa Idul Adha, Kemenhub memfasilitasi distribusi sapi dari wilayah sentra produsen ternak di Nusa Tenggara Timur, Nusa tenggara Barat dan Gorontalo ke Wilayah konsumen hewan ternak dengan menggunakan Kapal Angkutan Khusus Ternak.

"Untuk sektor laut, saya sudah sampaikan kepada operator untuk menambah jumlah petugas," ucap dia.

Baca juga: KRL Jabodetabek Bakal Tembus Karawang? Ini Kata Menhub

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com