Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kabar Pembangunan Bandara VVIP di IKN? Ini Penjelasan Menhub

Kompas.com - 28/05/2024, 20:40 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkap soal progres pembangunan bandara Very Very Important Person (VVIP) atau Naratetama Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dia bilang saat ini bandara VVIP di IKN sudah mulai tahap pembangunan atap dan landasan pacu (runway) sudah masuk proses pengaspalan.

Dirinya pun berencana akan ke IKN pada pekan depan untuk mengecek progres tersebut.

Baca juga: Luhut Perkirakan Pembangunan Bandara VVIP IKN Rampung Tahun Depan

Menhub Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan pers di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (14/4/2024).KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA Menhub Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan pers di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (14/4/2024).

“Nanti tanggal 5 saya ke IKN, saya akan lihat bandara yang sudah mulai naik atap. Runaway-nya sudah mulai diaspal,” ujarnya saat ditemui di The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Dia berharap progres pembangunan tersebut ke depannya bisa semakin digenjot seturut dengan digenjotnya pembangunan IKN agar bisa segera selesai.

“Jadi kita harapkan IKN menjadi kebanggaan bersama,” katanya.

Untuk diketahui, Bandara Naratetama ini dirancang dengan luas terminal 7.350 meter persegi dengan area bandara seluas 347 hektar. Landasan pacu didesain sepanjang 3.000 meter dengan lebar 45 meter.

Baca juga: Uji Coba Bandara VVIP IKN Akan Dilakukan pada Juli 2024

Oleh karena itu, bandara ini dapat didarati oleh pesawat berbadan besar, seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

Spesifikasi lain bandara VVIP IKN adalah Terminal VVIP, Terminal VIP, Parkir GSE, Pos Pemeriksaan Sisi Udara, Pos Jaga, Hanggar, Cargo, Catering, DPPU, Rumah Pompa, STP & WTP, Substation Power House.

Terdapat pula Bengkel/GSE Maintenance, Bangunan Ibadah, Perkantoran, Gedung Karantina, Kantin, Rumah Dinas, TPS, Meteorologi, EOC, PKP PK, Power House, Gardu PLN, ATC Tower.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com