Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kota Paling Layak Huni di Asia Pasifik, Ada Indonesia?

Kompas.com - 01/07/2024, 07:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com- Skor kelayakan hidup kota-kota di Asia terus meningkat secara global. Sejumlah kota di Asia Pasifik digolongkan ke dalam kategori kota paling layak huni menurut menurut Economist Intelligence Unit (EIU) dalam Global Liveability Index 2024.

EIU menyoroti Hong Kong yang mengalami lompatan terbesar dalam studi tahun ini, naik dari peringkat 61 ke peringkat 50.

“Meskipun belum kembali seperti sebelum tahun 2019, lanskap politik Hong Kong telah (stabil), dengan risiko gangguan akibat protes massal kini dapat diabaikan,” menurut EIU, dikutip dari CNBC, Senin (1/7/2024). 

Baca juga: 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia, Hanya 1 di Asia

Ilustrasi pemandangan kota Hong Kong. Hong Kong jadi kota dengan biaya hidup termahal di dunia.UNSPLASH/RYAN MAC Ilustrasi pemandangan kota Hong Kong. Hong Kong jadi kota dengan biaya hidup termahal di dunia.

“Undang-undang keamanan nasional dan peraturan daerah yang diperkenalkan pada awal tahun 2024 telah memulihkan stabilitas politik, namun perubahan skor ini mencerminkan trade-off yang besar terhadap masyarakat sipil Hong Kong, sebagaimana dibuktikan dengan menurunnya skor kota ini dalam Indeks Demokrasi yang kami terbitkan secara terpisah,” kata EIU. 

Singapura, yang berada di peringkat 26 dunia dalam daftar kota paling layak huni versi EIU, juga mencatat lompatan besar, dan menjadi negara dengan peningkatan terbesar kedua dalam 12 bulan terakhir.

Singapura mendapat nilai sempurna 100 dalam kategori layanan kesehatan.

Kota Osaka dan Tokyo di Jepang juga masuk dalam daftar 10 teratas kota paling layak huni di kawasan Asia Pasifik.

 

Baca juga: Kementerian PUPR Ringkas Aturan Penyediaan Perumahan Layak Huni

“Sebagai kota terpadat di antara 20 kota teratas, Tokyo layak mendapat penghargaan tambahan karena mampu mempertahankan standar tinggi penyediaan layanan publik dan keamanan bagi populasi yang sangat besar,” ujar EIU.

Kota-kota di India mengalami penurunan skor kelayakan hidup, salah satunya disebabkan oleh buruknya kualitas udara di negara tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com