Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Bank Mandiri Sukses Gelar MJM 2024, Atlet Kenya Kuasai Podium Juara

Kompas.com - 01/07/2024, 10:38 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com –  Ajang sport tourism tahunan Bank Mandiri bernama Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2024 berhasil mencetak juara baru. 

Dalam salah satu event yang ditunggu-tunggu komunitas lari se-Indonesia itu, atlet Kenya kembali mendominasi podium kategori paling bergengsi.

Pada  kategori Open Male Marathon, podium juara diisi tiga pelari Kenya, yakni George Nyamori Onyancha, disusul James Cherutich Tallam pada urutan kedua, dan Kennedy Lilan pada urutan ketiga. 

Sementata itu, pada kategori Open Female Marathon, tiga pelari putri Kenya menjadi yang tercepat, yakni Sheila Jepkosgei Chesang pada urutan pertama, disusul Eunice Nyawira Muchiri pada posisi kedua, dan Shauline Chepkirui Koech pada posisi ketiga.

Untuk kategori Closed Male Marathon, pelari elite Tanah Air Betmen Manurung berada di urutan pertama, kemudian disusul Beni Ardinata pada urutan kedua dan Hamdan Syafril Sayuti pada urutan ketiga. '

Baca juga: Hadirkan Kampanye #BeyondSuperAPP, Bank Mandiri Kukuhkan Posisi Livin’ by Mandiri sebagai SuperAPP Nomor 1

Kemudian, untuk kategori Closed Female Marathon, Sharfina Sheila Rosada tercatat sebagai pelari tercepat, disusul Krisentia Hoess dan Melti Pakinja di urutan kedua dan ketiga.

MJM 2024 digelar lebih jumbo dari tahun sebelumnya dengan menghadirkan hadiah sebesar Rp 100 juta untuk pemenang kategori Full Marathon Open dan Rp 50 juta untuk kategori Full Marathon Closed. 

Dengan lokasi start dan finish di kawasan Candi Prambanan, MJM 2024 menyajikan rute-rute yang menampilkan keindahan alam dan kekayaan budaya lokal dengan melewati puluhan desa dan ragam wisata utama di Yogyakarta, seperti Candi Prambanan, Candi Plaosan, dan Monumen Taruna.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi berharap, sebanyak lebih dari 8.000 pelari dalam dan luar negeri yang berpartisipasi pada MJM 2024 dapat menikmati  dan mempromosikan keindahan alam dan kekayaan budaya di Yogyakarta, baik di skala nasional maupun internasional.

“Digelar di kota budaya, ajang Marathon ini diharapkan bisa mendukung kekayaan budaya hingga ke tingkat internasional sehingga meningkatkan pariwisata di Yogyakarta dan Indonesia,” ujarnya di Yogyakarta, Minggu (30/6/2024).

Baca juga: Bantu UMKM Naik Kelas, Bank Mandiri Hadirkan Mandiri Digipreneur Hub 

Darmawan menegaskan, pihaknya akan terus berusaha meningkatkan kualitas MJM agar semakin banyak pelari yang ikut dan hadir di Yogyakarta serta menjadi katalis untuk event-event serupa lainnya di Indonesia.

Dia juga menyatakan kebahagiaannya atas tingginya animo peserta MJM 2024. 

Menurutnya, ajang tersebut menunjukkan bahwa olahraga lari telah menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Indonesia dalam menjalani hobi dan gaya hidup sehat di tengah kesibukan sehari-hari. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya komunitas pelari di Indonesia.

Pada ajang kali ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Bank Mandiri berkolaborasi mengangkat dan mempromosikan kekayaan budaya serta produk lokal, guna memacu pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi Yogyakarta. 

Salah satu cara yang dilakukan adalah melibatkan banyak komunitas lokal, mulai dari seniman hingga pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). 

Baca juga: Wujudkan Ekonomi Inklusif, Bank Mandiri Ajak Pelajar SLB Pangudi Luhur Belajar Finansial

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com