Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Bantu UMKM Naik Kelas, Bank Mandiri Hadirkan Mandiri Digipreneur Hub 

Kompas.com - 13/06/2024, 14:32 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bank Mandiri berkomitmen terus membantu bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk naik kelas.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh bank bersandi saham BMRI itu adalah dengan kembali menghadirkan inkubasi bisnis bagi pelaku UMKM melalui inisiatif Mandiri Digipreneur Hub (MDH).

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar berharap, MDH bisa membantu mengoptimalkan transformasi digital dan pengelolaan keuangan UMKM. 

Sejak digelar pertama kali pada 2022, inisiatif MDH hingga saat ini telah diikuti lebih dari 600 pelaku UMKM di berbagai sektor, seperti fesyen, kuliner, kerajinan, jasa, dan lainnya.

Untuk bergabung dengan UMKM Binaan Mandiri, pelaku UMKM harus memiliki aplikasi Livin’ by Mandiri dan Livin’ Merchant by Mandiri.

Baca juga: Wujudkan Ekonomi Inklusif, Bank Mandiri Ajak Pelajar SLB Pangudi Luhur Belajar Finansial

Kedua aplikasi tersebut ditujukan untuk mendorong UMKM meningkatkan transaksi secara digital, seperti pemanfaatan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Alexandra mengatakan, MDH menjadi kontribusi nyata Bank Mandiri untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

Program inkubasi bisnis itu juga diharapkan bisa memperluas akses kepada layanan jasa keuangan (access to finance) bagi masyarakat.

“Melalui MDH, Bank Mandiri ingin berperan meningkatkan kewirausahaan digital UMKM, sehingga dapat mereka kembangkan dengan lebih efektif dan berkelanjutan,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (13/6/2024). 

Peraih gelar MBA dari Boston University tersebut menambahkan, MDH membuka peluang bagi pelaku UMKM untuk saling berjejaring dan berkolaborasi. 

Baca juga: Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Bank Mandiri Bersih-bersih Sampah di SUGBK Usai Laga Indonesia Vs Irak

“MDH memberikan kesempatan pelaku usaha untuk berkolaborasi, berbagi ide, dan menghasilkan inovasi baru,” ujar perempuan dengan kinerja mentereng saat mengelola segmen corporate banking sehingga diberi mandat sebagai Wakil Direktur Utama di Bank Mandiri itu.

MDH juga memberikan dukungan akses ke finansial berupa pendanaan seperti pinjaman kredit usaha rakyat (KUR), kredit usaha mikro (KUM) dan lainnya.

“Melalui pemberian KUR atau KUM, Bank Mandiri melalui MDH juga mengedukasi UMKM cara mengelola keuangan supaya dianggap mampu menerima modal tambahan untuk mengembangkan usaha mereka,” papar Alexandra.

Tak hanya itu, MDH turut menyediakan bantuan pengurusan perizinan berusaha dengan menggandeng INAmikro untuk membuatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) tanpa pungutan biaya.

Demi membangun ekosistem bisnis berkelanjutan, MDH juga membantu UMKM mendapatkan sertifikasi lingkungan, seperti ISO 14001. 

Baca juga: Targetkan Capaian Karbon Netral, Bank Mandiri Gencarkan Penggunaan Platform Digital Carbon Tracking

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com