Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kinerja Anak Perusahaan Apik, Laba Bersih Konsolidasi Bank Mandiri Capai Rp 12,7 Triliun pada Kuartal I-2024

Kompas.com - 01/07/2024, 14:57 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMAPS.com - Selaras dengan strategi bisnis berkelanjutan dan kondisi ekonomi domestik yang solid, perusahaan anak Bank Mandiri Group mencatatkan laba bersih sebesar Rp 3 triliun pada kuartal I-2024 atau tumbuh 10,62 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy). 

Dari jumlah tersebut, total laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik atau Bank Mandiri tercatat sebesar Rp 1,57 triliun atau naik 7,56 persen yoy.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, berkat kontribusi anak usaha tersebut, Bank Mandiri berhasil mencetak laba bersih konsolidasi sebesar Rp 12,7 triliun pada kuartal I-2024 atau tumbuh 1,13 persen yoy. 

Dari sisi penyaluran kredit, Bank Mandiri mencatatkan kredit konsolidasi mencapai Rp 1.435 triliun pada kuartal I-2024 atau meningkat 19,1 persen yoy.

“Seluruh pencapaian Mandiri Group tidak terlepas dari sinergi yang solid serta kemampuan beradaptasi dan inovasi ke arah digital sehingga mampu mencapai pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (1/7/2024).

Baca juga: Hadirkan Kampanye #BeyondSuperAPP, Bank Mandiri Kukuhkan Posisi Livin’ by Mandiri sebagai SuperAPP Nomor 1

Secara umum, anak perusahaan Bank Mandiri berhasil mencatatkan kinerja yang solid sepanjang kuartal I-2024. 

Bila dirinci, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mampu menangkap peluang pertumbuhan yang tercermin pada perolehan laba bersih mencapai Rp 1,7 triliun atau naik 17,1 persen yoy.

Pertumbuhan BSI tidak terlepas dari fungsi intermediasi atau pembiayaan yang ikut melesat sebesar 15,2 persen yoy menjadi Rp 244,1 triliun akhir kuartal I-2024. 

Berkat pencapaian itu, BSI berhasil mencetak pertumbuhan aset hingga 14,3 persen yoy menembus Rp 357,9 triliun.

Pencapaian tersebut turut memperkokoh posisi BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia. Hal ini tercermin dari jumlah nasabah dana yang mencapai 20,1 juta dengan tren yang kian membaik. 

Baca juga: Gairahkan Kreativitas Anak Bangsa, Bank Mandiri Gelar Gala Fashion Night: Wanita Indonesia Mandiri

“Kami optimistis dengan fundamental dan transformasi digital yang terus diperkuat, BSI mampu menghadapi dinamika serta memberikan pelayanan yang terbaik di industri syariah,” tegas Darmawan.

Sementara itu, anak perusahaan Bank Mandiri di bidang perbankan, yaitu PT Bank Mandiri Taspen (Mantap) juga mencatatkan laba signifikan pada kuartal I-2024. 

 Laba bersih Bank Mantap tumbuh 10,1 persen menjadi Rp 485 miliar berkat serangkaian inovasi digital dan pengembangan layanan kepada masyarakat.

Pertumbuhan Bank Mantap turut diikuti lewat pertumbuhan kredit dan dana pihak ketiga (DPK). 

Dengan pertumbuhan masing-masing 12,6 persen dan 12,1 persen secara tahunan atau yoy. 

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com