Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beroperasi 8 Bulan, Kereta Cepat Whoosh Layani 3,8 Juta Penumpang

Kompas.com - 05/07/2024, 17:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh mencapai 3,8 juta orang selama 8 bulan beroperasi sejak 17 Oktober 2023.

Lebih dari setengah jumlah penumpang tersebut dilayani selama Semester I 2024. Tercatat 2,65 juta penumpang dengan rata-rata volume penumpang bulanan mencapai 443.000 penumpang per bulan.

Pada periode ini puncak volume penumpang terjadi pada Juni 2024 dengan total penumpang mencapai 535.000 penumpang per bulan.

Baca juga: Musim Liburan, 350.000 Tiket Kereta Cepat Whoosh Telah Terjual

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, sejak awal tahun ini volume penumpang terus meningkat pada April, Mei, hingga Juni 2024.

Rata-rata penumpang harian Whoosh di Semester I 2024 mencapai 14.600 penumpang per hari, jumlah tersebut terus mengalami peningkatan hingga puncaknya pada Juni rata-rata penumpang perhari mencapai 17.800 penumpang per hari.

Menurutnya, peningkatan volume penumpang Whoosh ini didorong oleh penerapan tarif dinamis, long weekend, angkutan libur lebaran, angkutan libur sekolah, peresmian layanan batal dan ubah jadwal online, layanan contact center, dan frequent Whoosher Card.

"Peningkatan ini terjadi karena beberapa faktor seperti kepercayaan masyarakat yang terus tumbuh dari waktu ke waktu melalui layanan pemesanan rombongan dan frequent Whoosher yang dihadirkan untuk pengguna rutin yang juga mengalami peningkatan, selain itu adanya momen libur lebaran, long weekend dan libur sekolah juga menjadi salah satu faktor pendukung," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (5/7/2024).

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Pecah Rekor Jumlah Penumpang Terbanyak sejak Beroperasi


Eva menambahkan, rata-rata okupansi Whoosh juga terus terjaga di 60-70 persen di luar jam sibuk dan 80-100 pe4a3n pada jam sibuk pagi dan sore hari.

Dia bilang, penumpang pebisnis, wisatawan, pelajar, perorangan, dan rombongan silih berganti menggunakan Whoosh secara rutin.

"KCIC siap menyambut Semester II 2024 dengan penuh rasa optimis. Berbagai peningkatan pelayanan disiapkan oleh KCIC untuk meningkatkan kenyamanan seluruh penumpang Whoosh." tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com