Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Penerbangannya Dipindahkan ke Kertajati, Ini Permintaan Lion Air

Kompas.com - 18/06/2019, 21:19 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

MAJALENGKA, KOMPAS.com - Managing Director Lion Air Group, Daniel Putut mengaku mendukung langkah Kementerian Perhubungan memindahkan beberapa rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara International Jawa Barat, Kertajati, Majalengka.

Lion Air sendiri sebelumnya memiliki 10 rute penerbangan di Bandara Husein Sastranegara.

"Kami sebagai maskapai harus patuh, nurut sama regulator. Jadi kita ikut saja," ujar Daniel di Kertajati, Selasa (18/6/2019).

Kendati mendukung, Daniel meminta Kemenhub dan Angkasa Pura II selaku operator Bandara Kertajati menyiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan maskapai.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan, lanjut Daniel adalah masalah kargo. Sebab, saat 10 rute penerbangan Lion Air beroperasi di Bandara Husein, perusahaan tersebut melayani pengiriman kargo sebanyak 25 ton dalam tiap harinya.

"Tadi itu takutnya lupa masalah kargo ini. Kan kargo di era e-commerce ini sudah jadi market tersendiri. Tapi tadi sudah ada penyelesaian lah, jadi selain penumpangnya, saya minta barang-barangnya tolong diperhatikan," kata Daniel.

Mengenai kekhawatiran penurunan jumlah penumpang, Daniel tak mau memikirkannya. Dia mengaku optimis tak akan terjadi penurunan penumpang meski dipindahkan ke Bandara Kertajati.

Asal tau saja, selama beroperasi di Bandara Husein Sastranegara, tingkat keterisian penumpang Lion Air sebanyak 80 persen.

"Ya kita lihat lah. Kita mending mikir yang positif aja, harapannya sih ke depan mudah-mudahan lebih baik," kata Daniel.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan melakukan penataan rute penerbangan di Bandar Udara Husein Sastranegara, Bandung.

Mulai 15 Juni 2019, bandara tersebut hanya akan melayani penerbangan angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri jenis propeler atau baling-baling.

Untuk penerbangan angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri jenis jet akan dipindahkan ke Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com