Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Minta Jajarannya Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi

Kompas.com - 23/08/2019, 09:27 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta seluruh jajarannya untuk terus berupaya meningkatkan kemampuan dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

Hal itu perlu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ke depannya.

“Kementerian Perhubungan dihadapkan pada satu kegiatan digital yang begitu masif, kami meminta kepada teman-teman di Kemenhub untuk all out guna meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi digital,” ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/8/2019).

“Bagiamana suatu regulasi yang ada bisa mengatur teknologi digital agar kehadirannya dapat menjadi lebih baik dan membawa manfaat besar bagi masyarakat,” lanjutnya.

Baca juga: Menhub: Kami Butuh ASN yang Tak Alergi terhadap Perubahan

Budi menjelaskan bahwa digitalisasi merupakan suatu keniscayaan yang harus dihadapi dengan baik. Misalnya, di bidang transportasi saat ini sudah ada taksi dan ojek online.

Dengan munculnya ojek dan taksi online itu, pemerintah harus menyiapkan regulasi demi keselamatan dan keamanan masyarakat. Sehingga,ndalam aturan terkait taksi daring dan ojek online harus memenuhi unsur yang melindungi konsumen, pengendara, dan juga memikirkan perusahaan tersebut. 

“Di transportasi, seperti ojol (ojek online) misalnya, keberadaannya dibutuhkan masyarakat. Untuk itu kami lakukan diskresi untuk mengatur masalah keselamatan Pengemudi dan penumpang serta pendapatan pengemudi Ojol,” kata Budi.

Budi berharap para akademisi dan praktisi  dapat memberikan masukan-masukan positif kepada Pemerintah agar siap menghadapi era digital.

Sebab, pada dasarnya pemerintah sangat memerlukan masukan dari berbagai kalangan seperti akademisi juga praktisi. 

“Digital adalah masa depan kita, oleh karenanya perlu adanya satu kolaborasi dari akademisi, praktisi dan juga regulator yang lebih optimal. Tolong kami diberitahu jika ada masukan-masukan dari rekan-rekan, karena  Presiden Jokowi selalu mengatakan segala sesuatu yang memberikan manfaat untuk umat harus diutamakan,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com