Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Janji Pembangunan Bandara Kediri Tak Lebih dari 2 Tahun

Kompas.com - 01/09/2019, 08:39 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berjanji pembangunan bandara di  Kediri tidak akan memakan waktu lama, yakni tidak lebih dari 2 tahun dari fase awal pembangunan pada 2020.

"Di Kulonprogo kita membangun hanya dua tahun. Begitupun Bandara Kediri, dalam kesempatan yang Insya Allah kita lakukan awal tahun depan itu tidak lebih dari dua tahun kita selesaikan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran pers, Minggu (1/9/2019).

Tak hanya Budi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan juga menargetkan hal serupa. Kata Luhut, pembangunan Bandara Kediri dapat selesai pada akhir 2021.

Sementara peletakan batu pertama, kata Luhut, bisa diletakkan pada Januari 2020. Sehingga 1 tahun setelah peletakan batu, Bandara Kediri sudah bisa beroperasi normal.

Baca juga: Gudang Garam Gelontorkan Rp 5 Triliun untuk Bangun Bandara Kediri

"Peletakan batu pertama kita berharap harus boleh nanti Januari tahun depan (2020), kita sudah mundur satu tahun, jadi kalau nanti kita mulai Januari tahun depan saya pikir 2021 akhir akan selesai seperti Bandara Kulon Progo," ujar Menko Luhut.

Selain itu, Luhut mengingatkan masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab soal sengketa lahan yang menghambat laju pembangunan.

Sebab menurutnya, pemerintah telah menjamin akan memberikan yang terbaik dan tidak merugikan masyarakat.

"Tidak ada yang bermaksud merugikan bapak-ibu sekalian, pasti akan memberi nilai tambah karena itu perintah dari Presiden untuk memberikan yang terbaik terhadap rakyat," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com