Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Impor BBM, Pelindo III Manfaatkan Listrik PLN

Kompas.com - 28/10/2019, 21:12 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memasang shore connection di semua wilayah pelabuhan yang dikelola perusahaan pelat merah tersebut.

Shore connection adalah jaringan listrik dari darat yang dipasang di dermaga dan dipergunakan untuk kapal yang bersandar di pelabuhan.

Fasilitas ini digunakan untuk menggantikan sumber energi kapal yang sebelumnya menggunakan mesin kapal berbahan bakar minyak menjadi sumber energi listrik.

“Dengan memanfaatkan shore connection, maka otomatis kebutuhan BBM kapal akan berkurang saat sandar di pelabuhan dan saat ini kami juga sedang melakukan penjajakan untuk menggunakan shore connection di pelabuhan/Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS),” ujar Direktur Utama Pelindo III Doso Agung dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/10/2019).

Baca juga: Pelindo III Tanam 50.000 Bibit Bakau di Pelabuhan Benoa

Dengan menggunakan teknologi tersebut dapat memberikan penghematan untuk kapal hingga 30-40 persen.

Selain itu, dapat mempercepat kegiatan bongkar muat yang menggunakan crane kapal dari semula 4-5 hari kini menjadi 3-4 hari saja.

“Dari 35 titik shore connection yang terpasang di 13 lokasi pelabuhan dan terminal di wilayah Pelindo III kami sudah siap investasi senilai Rp 70 miliar dan memerlukan daya listrik total 49.569 kilovolt ampere (kVA), kata Doso.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Temas Line Surabaya, Ronald C. Schouten menuturkan, penggunaan shore conection mampu menghemat biaya.

“Kami juga dapat memanfaatkan waktu sandar tersebut untuk melakukan maintenance dimana pada umumnya mesin kapal kami tidak pernah berhenti beroperasi. Sebagai perusahaan pelayaran, banyak manfaat dari terobosan ini yg dapat kami rasakan. Harapan kami fasilitas shore connection ini dapat dikembangkan ke seluruh pelabuhan di Indonesia,” kata Ronald.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com