Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka Menguat Tipis, Ini Prediksi Pergerakan Rupiah Hari Ini

Kompas.com - 20/11/2019, 09:45 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada pembukaan pasar spot pagi ini, Rabu (20/11/2019), rupiah terlihat menguat tipis. Dari dara Bloomberg, pukul 8:24 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 14.085 per dollar AS atau menguat 0,04 persen sebesar 6 poin dibandingkan penutupan Selasa sore pada level Rp 14.090 per dollar AS.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede menyebutkan bahwa sepanjang hari ini rupiah akan menunjukkan pergerakan yang cenderung stagnan seperti sebelumnya. Ia menilai bahwa pergerakan rupiah hari ini akan didorong sentimen domestik, terkait dengan penantian publik akan tingkat suku bunga acuan yang rencananya akan ditetapkan oleh Bank Indonesia usai melakukan Rapat Dewan Gubernur pada akhir pekan ini.

Baca juga: Update CPNS : Ini 5 Instansi dan Formasi yang Kebanjiran Pelamar

“Rupiah saat ini ditengah penantian keputusan suku bunga acuan Bank Indonesia yang diperkirakan akan tetap di level 5 persen setelah BI memangkas suku bunga acuan sebesar 100bps sejak Juli hingga Oktober 2019,” kata Josua kepada Kompas.com.

Sebelumnya, Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih menyebut jika Bank Indonesia menurunkan suku bunganya, maka ada potensi bahwa rupiah akan melemah. Namun jika BI tidak menurunkan suku bunganya maka nilai rupiah akan tetap terjaga.

Josua memproyeksikan rupiah sepanjang hari ini akan bergerak dikisaran level Rp 14.050 per dollar AS sampai Rp 14.125 per dollar AS.

Baca juga: Luhut Kaget Banyak Investor Asing Tertarik Megaproyek Ibu Kota Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com